Peluang Bisnis Saham

Ketika memulai bisnis dan menjadi seorang pengusaha, Anda pastilah harus memiliki modal yang cukup besar untuk melakukannya. Namun, berbeda halnya dengan saham, dimana Anda dapat memulai bisnis Anda bahkan hanya dengan modal sebesar Rp100 ribu saja.

Penasaran bagaiamana caranya memulai bisnis saham Anda sendiri? Simak penjelasan berikut ini.

Ketika memulai suatu bisnis, Anda pastinya harus memahami bisnis apa yang ingin Anda jalankan tersebut. Sama halnya dengan bisnis saham, ada beberapa hal yang harus Anda pahami sebelum memulai bisnis saham ini, yaitu karakter saham.

Kenapa? Ini dikarenakan karakter dari tiap-tiap saham itu berbeda. Ada saham yang dalam jangka panjang terus saja mengalami kenaikan, meskipun dalam jangka pendeknya saham ini mengalami perlambatan.

Saham jenis ini biasanya merupakan saham milik perusahaan yang memiliki fundamental yang bagus dan kuat (bluechip).

Ciri-ciri saham ini antara lain:

-Berkapitalisasi besar
-Mapan
-Bertumbuh dalam jangka panjang
-Mengalami fluktuai janga pendek

Nah, selain saham bluechip ini ada juga saham yang kapitalisasinya tidak terlalu besar, dan tidak begitu stabil dalam jangka panjang. Namun, dalam jangka pendek/menengah pergerakannya sangat aktif dan bahkan bisa membentuk trend naik.

Saham seperti ini biasanya datang dari perusahaan yang masih bertumbuh atau sering disebut dengan saham second liner.

Nah, jika Anda ingin berbisnis dengan kedua saham ini, maka Anda harus memberi perlakuan yang berbeda untuk tiap jenis saham ini. Untuk saham bluechip yang cenderung terus naik dalam jangka panjang, maka lebih cocok untuk investasi.

Sedangkan untuk saham kedua (second liner), yang memiliki pergerakan yang aktif untuk jangka menengah, Anda bisa menggunakan saham ini untuk trading saham. Nah, investasi dan trading inilah yang saya maksud dengan berbisnis saham

Nah, untuk sekarang saya akan terlebih dahulu membahas strategi investasi untuk saham bluechip.

Sebenarnya berapa besar imbal hasil atau keuntungan yang bisa kita raih dari investasi di saham-saham berkapitalisasi besar itu?

Untuk mengetahuinya, Anda bisa lihat dari pergerakan IHSG di pasar saham. Hal ini dikarenakan IHSG merupakan indeks gabungan yang memperlihatkan pergerakan rata-rata dari semua saham yang terdaftar di bursa efek Indonesia.

Nah, pergerakan saham bluechip ini biasanya tidak beda jauh dari pergerakan IHSG, dikarenakan kapitalisasinya yang besar sehingga dapat mempengaruhi gerak IHSG.

Contohnya, sejak tahun 2003-2008, IHSG bertumbuh sekitar bertumbuh sekitar 833%, sedangkan dari tahun 2008-2015 IHSG naik hingga 400%. Pergerakan ini hampir serupa seperti kenaikan harga salah satu saham bluechip yaitu BBRI, yang sejak tahun 2003-2007 mengalami kenaikan hingga 700%., sedangkan kalau dihitung dari 2003-2015, saham BBRI telah mengalami kenaikan hingga 2980%.

Jadi, jika Anda menginvestasikan uang Anda sebesar Rp1 juta pada tahun 2003 kemarin, maka uang Anda akan bertambah menjadi sekitar Rp30 juta pada tahun 2015 mendatang.

Wowww cukup besar bukan? Apalagi jika Anda menginvestasikan uang sebesar Rp100jt, mungkin pada tahun 2015 kemarin uang Anda sudah bertambah berkali-kali lipat menjadi Rp30 miliar. Jadi sangat menguntungkan bukan? Hanya dengan membelikan saham sebesar Rp1jt Anda bisa mendapatkan uang hingga Rp30 juta pada 15 tahun yang akan datang.

Nah, investasi ini bahkan bisa Anda lakukan dirumah sambil melakukan berbagai aktivitas lainnya, seperti makan,minum dan istirahat siang, bahkan ketika tidur pun uang Anda juga terus bertambah.

Enak sekali bukan? Namun harus Anda ketahui, bahwa investasi merupakan suatu hal yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk bisa membuahkan hasil yang besar. Jadi, Anda harus cukup bersabar jika ingin berbisnis dengan strategi investasi ini.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah, bagaimana caranya untuk memulai bisnis saham ini?

Hal pertama yang harus Anda lakukan tentunya ialah membuka rekening saham agar bisa membeli saham tersebut.

Bagaimana caranya?

Anda bisa datang ke sekuritas-sekuritas terdekat di kota Anda, dan hanya perlu menyediakan beberapa persyaratan seperti:

-Fotocopy KTP

-Fotocopy tabungan

-Fotocopy NPWP
Selanjutnya, hal kedua yang harus Anda perhatikan setelah memiliki rekeing efek Anda ialah modal Anda.

Seberapa besar modal yang harus dilakukan untuk memulai investasi saham?

Sebenarnya setiap sekuritas efek memiliki nominal yang berbeda-beda untuk deposit awal saat Anda membuka rekening efek, mulai dari Rp100 ribu, hingga Rp100 juta.

Nah, saran saya ialah untuk pertama Anda sebaiknya memulai dengan modal kecil terlebih dahulu, sekitar Rp1 juta hingga Rp10 juta agar Anda fokus belajar terlebih dahulu. Karena, jika Anda langsung menggunakan modal besar, Anda bisa saja kehilangan modal Anda tersebut, dikarenakan ilmu yang Anda miliki masih belum cukup.

Lalu, usai memiliki rekening dan modal yang cukup, apalagi yang harus Anda lakukan?

Sebaiknya Anda belajar menggunakan platform yang Anda gunakan untuk membeli saham tersebut. Jangan sekali-kali langsung mencoba membeli saham, karena jika mengalami kerugian, maka Anda akan panik dan bisa mengakibatkan kerugian Anda semakin besar, sebab Anda masih belum tahu apa yang harus Anda lakukan.

Seperti kata Warren Buffet, “Risk comes from not knowing what you’re doing”.

Jadi, pelajari terlebih dahulu bisnis ataupun investasi apa yang ingin Anda lakukan, karena semakin besar pengetahuan Anda akan bisnis tersebut, maka semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Ingin tahu dan belajar lebih banyak soal saham tapi bingung ingin belajar dari siapa? Daftar sekarang di bit.ly/goldpremiumaccess

Karena dengan mendaftar dalam Gold Member Premium Access, Anda tidak hanya akan mendapatkan mentor dan pembimbing yang akan mengajari Anda, akan tetapi Anda juga dapat belajar saham secara lebih mendalam.

Karena setiap hal yang Anda pelajari dari awal, akan memberikan hasil yang lebih baik di akhirnya nanti. Sekian dari saya, semoga bermanfaat

Salam profit!

Please follow and like us:

You might also like More from author

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.