Kebanyakan orang pada buru-buru ingin jadi yang pertama untuk menonton film Avengers: End Game. Dengan alasan menghindari spoiler yang sudah pernah menontonnya. Tapi, untuk investasi justru ditunda-tunda dan hanya sebuah wacana. Padahal, untuk nonton film yang lagi hits ini sebenarnya banyak waktunya.

Dengan berinvestasi padahal bisa membuat seseorang bebas finansial. Ada alasan jangan menunda investasi, misalnya saat usiamu 35 tahun, kemudian ingin pensiun diusia 55. Lalu ada perhitungan dari expense ratio 10 persen per tahun (peningkatan biaya karena inflasi). Dan pengeluaran rutin tiap bulannya anggap saja sekitar Rp2 jutaan. Maka biaya hidupmu pada usia pensiun nanti sekitar Rp13,5 juta per bulan.

Bayangkan jika hidupmu hingga 15 tahun lagi dan biaya hidup hanya Rp13,5 juta ditambah inflasi 10 persen per tahun. Itu pun jika kamu bisa berhemat dengan pengeluaran Rp1 juta per bulannya. Rata-rata pengeluaran golongan kelas menengah di atas Rp10 juta per bulan saat ini. Belum lagi ada dana pendidikan, dana darurat atau candangan, dan dana proteksi.

Orang zaman dulu untuk menambah biaya hidup agar berlipat bisa menggunakan instrumen investasi emas, properti, dan tabungan. Pada zaman orangtua kita, berhemat itu sangatlah mudah. Tapi, era kini dengan perkembangan teknologi serta menjamurnya pusat perbelanjaan dan kafe membuatmu menjadi orang yang konsumtif.  Saya menyarankan untuk memilih instrumen investasi yang memberi imbal hasil yang cepat di atas inflasi sekitar 10 persen.

Memang ada beberapa alternatif untuk memperoleh passive income diantaranya, menyewakan rumah untuk kos-kosan, royalti dari penjualan album, naskah, obligasi, saham, dan yang kekinian yakni menambah menjadi selebgram atau vlogger.

 

Pentingnya Investasi Saham

 

Dari pengalaman saya, dianjurkan untuk berinvestasi di saham dan jadilah investor saham jangka panjang. Dengan demikian, kamu akan memperoleh passive income dari pembagian dividen saham serta mengalami pelipatgandaan aset melalui pertumbuhan nilai harga saham. Sementara trader, bisa memperoleh keuntungan yang maksimal dari akumulasi keuntungan dalam aktivitas tradingnya.

Berinvestasi saham lebih praktis, likuid, dan mudah transaksi perdagangan jual belinya. Dengan strategi trend following, seorang pelaku pasar mendapat imbal hasil pada kisaran 40-100 persen. Tapi dengan rentang waktu beberapa bulan sampai satu tahun. Caranya, mengikuti tren naik harga saham.

Jika melakukan dengan strategi growth investing, GARP, dan value investing, investor akan meraih keuntungan ratusan persen dalam beberapa tahun. Yang utama dibutuhkan kesabaran untuk keberhasilan investasi jangka panjang.

 

Investasi Saham Modalnya Gak Gede Kok

 

Untuk berinvestasi saham tidak membutuhkan modal yang besar namun kelipatannya yang berganda. Apabila memilih perusahaan blue chips, harganya biasa di atas Rp5.000 per lembar saham. Saham seharga itu maka investor membutuhkan uang sebesar Rp500 ribu untuk membeli satu lot (100 lembar) belum termasuk fee beli.

Ketika membeli saham, jangan lupa cek fundamental perusahaan serta tren harganya dengan menggunakan analisis teknikal. Saya menganjurkan untuk tidak membeli saham di bawah nominal Rp50 per lembar karena ada risiko likuidasi. Besar kecilnya modal yang dimiliki investor menurut saya sangat mempengaruhi strategi mengelola keuangan dan juga diversifikasi portofolio saham.

Semakin kecil modal, sebaiknya akan terkonsentrasi. Sebaliknya, jika modal yang diinvestasikan dalam jumlah besar, maka investor mempunyai kesempatan untuk semakin terdiversifikasi. Apa itu diversifikasi? Yakni meminimalisir risiko kerugian dengan mengalokasikan dananya diberbagai instrumen finansial.

Jadi, masih mau berinvestasi lebih dulu atau tetap utamakan nonton film Avengers: End Game tapi masa tua nanti tidak mempunyai dana simpanan? Yuk investasi dari sekarang!

 

Oiya Anda ingin trading saham namun sibuk? Ingin punya asisten trading saham yang bisa memberitahu Anda beli dan jual saham apa?

 

Join Gold Premium Access!

 

Selain dapat rekomendasi, melalui Premium Access Anda diedukasi supaya semakin pintar, semakin mandiri dalam trading saham. Premium Access akan menemani Anda dan menjadi personal coach Anda untuk jadi super trader!

 

Dengan Premium Access ini Anda bisa beli jual saham dengan jauh lebih mudah. Praktisnya, Anda ngga usah mikir mau beli / jual saham apa dan kapan beli / jualnya. Tinggal ikuti saja semua key actionnya.

 

Ayo segera daftar sekarang di www.premiumaccess.id atau whatsapp ke www.premiumaccess.id/whatsapp untuk chatting dengan Client Service kami.