Pada umumnya, terdapat beberapa jenis-jenis saham di bursa yang memiliki karakteristik dan kriterianya masing-masing, salah satunya ialah saham blue chips.

Jika ditanya saham apa yang harus dibeli, maka kebanyakan orang pasti akan menjawab saham blue chips lah yang terbaik.

Hal ini pun akhirnya menimbulkan mitos bahwa saham blue chips itu bagus untuk dibeli dan dijadikan investasi saham. Bagaimana faktanya? Simak dalam pembahasan berikut ini.

Jika Anda bertanya apakah saham-saham blue chips itu memang bagus untuk dibeli, maka jawabannya ialah ya.

Saham-saham blue chips ini sendiri biasanya memiliki fundamental yang sangat bagus, sehingga seringkali dijadikan pilihan untuk investasi.

Namun, investasi yang dimaksud ialah investasi jangka panjang dengan rentang waktu diatas 5 tahun. Jadi, jika Anda mencari profit yang cepat dalam waktu <1 tahun, blue chips bukanlah pilihan yang terlalu tepat.

Lalu, saham apa yang harus saya beli jika ingin mendapatkan keuntungan yang lebih cepat?

Jika Anda ingin trading dan mendapatkan keuntungan lebih, maka saham non-blue chips atau second liner jawabannya.

Mengapa? Hal ini dikarenakan saham-saham non-blue chips ini bisa bergerak dengan sangat lincah. Pergerakannya yang cepat ini disebabkan oleh harganya yang murah dan juga liquiditasnya yang kecil, sehingga lebih mudah mengalami kenaikan harga.

Jika dibandingkan, saham blue chips mungkin hanya bisa bergerak 3-4% dalam sehari. Namun, untuk saham non-blue chips, pergerakannya bisa loncat dari 5% hingga 10% atau bahkan lebih dari 20% dalam sehari.

Saya sendiri juga pernah menjumpai saham non-blue chips yang mengalami kenaikan hingga 400% dalam rentang waktu 3-4 bulan saja.

Lalu apa kesimpulannya, apakah saham blue chips memang bagus untuk dibeli?

Jawabannya tergantung kebutuhan Anda. Jika Anda ingin melakukan investasi jangka panjang, maka saham-saham blue chips merupakan pilihan yang paling tepat.

Namun, jika kebutuhan Anda adalah untuk trading jangka pendek dengan rentang waktu beberapa hari atau bulan, maka saham-saham kapitalisasi kecil/non-blue chips ini bisa menjadi pilihan, karena dapat memberikan keuntungan yang jauh lebih besar.

Jika Anda ingin mempelajari bagaimana cara menghasilkan profit hingga ratusan persen hanya dalam waktu beberapa bulan saja, Anda dapat langsung join ke bit.ly/joinsupertrader

Karena untuk memulai suatu perubahan harus dimulai dari diri Anda sendiri.

Salam profit!