membeli saham menjual saham

Bagaimana sih caranya menentukan timing untuk bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual saham? Pertanyaan ini pasti sering sekali Anda pikirkan saat membeli saham, terutama para trader.

Banyak orang mengatakan bahwa kita sebetulnya tidak bisa menentukan timing untuk membeli saham. Karena tidak ada siapapun yang tahu kemana arah saham tersebut akan bergerak. Namun, meskipun kita tidak bisa memprediksi pergerakan saham hingga 100% akurat, kita bisa mengantisipasinya dalam sebuah probabilitas.

Bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Kunci utama untuk menentukan timing beli dan jual saham adalah “Analisis Teknikal”. Analisis ini merupakan analisis saham yang menggunakan harga historical saham, atau bisa dibilang melihat arah pergerakan saham dari harga yang sudah terbentuk dan dapat mengantisipasi pergerakan harga kedepannya. Nah, dengan menguasai analisis teknikal ini, artinya Anda sudah mempunyai pegangan dan senjata utama yang dapat Anda gunakan untuk trading saham.

Apakah analisis teknikal akurat?

Sebenarnya tidak ada acuan pasti yang dapat menentukan akurat atau tidaknya suatu analisis. Karena semakin lihai dan ahli Anda memahami dan menggunakan analisis teknikal ini, maka Analisis teknikal yang Anda buat juga akan semakin akurat.

Hal ini berarti tetap ada beberapa persentase, bahwa analisis atau harga sahamtersebut akan bergerak diluar perkiraan Anda. Oleh karena itu, manajemen resiko sangatlah penting untuk menghindari ketidakakuratan ini. Tapi, analisis teknikal ini setidaknya dapat memperbesar potensi Anda untuk mendapatkan profit atau make money di pasar saham.

Selain itu, analisis teknikal juga akan memberikan perbedaan yang cukup besar dibandingkan jika Anda tidak menggunakan analisis apapun saat trading saham. Sebagai contoh, ketika Anda tidak melakukan analisis teknikal sama sekali, maka yang Anda lakukan saat membeli saham ialah gambling, tanpa memperkirakan resiko dan rugi yang mungkin saja akan menghabiskan seluruh kekayaan Anda.

Namun, setelah menggunakan analisis teknikal, maka Anda akan tahu arah pergerakan yang terjadi pada saham tersebut, apakah sedang uptrend atau downtrend, dan juga memperbesar probabilitas Anda mendapatkan profit hingga 60%. Memperkecil resiko kerugian yang bisa Anda dapatkan.

Lalu, bagaimana cara menggunakan analisis teknikal yang benar, serta memaksimalkan penggunaan risk management untuk memperkecil resiko rugi Anda?

Dapatkan tips mengenai pelajaran saham teknikal dalam buku saya “Smart Trader Rich Investor” yang akan memberikan beberapa tips analisa saham dan cara mudah trading saham dengan analisa teknikal.

Ingin belajar teknikal lebih jauh lagi? Anda bisa mendapatkannya melalui workshop saya “Super Performance Trader” dan dapatkan pelajaran mengenai analisa teknikal saham secara mendalam dan beberapa strategi membeli saham yang tidak akan Anda dapatkan di seminar manapun.

Daftar sekarang di Super Trader Performance

Trading saham tidak hanya untuk financial freedom, tapi juga life freedom. Jika saya bisa, maka Anda juga bisa.

Salam profit!