Lima Tips Trading Saham Bakrie

Ketika ENRG Lompat, Haruskah Ditangkap?

Saham-saham grup Bakrie memang menarik perhatian pelaku pasat. Mengapa tidak, saham ENRG contohnya berhasil melejit dan ditutup naik hingga 34,04% pada perdagangan 11 January.

Hal ini tentunya menjadi perhatian terutama kita para traders yang mendulang profit jangka pendek lewat trading saham. Apalagi trading saham dengan volatilitas tinggi seperti saham-saham grup Bakrie cukup menggiurkan karena bisa langsung naik puluhan persen dalam sehari.

Mungkin Anda betanya-tanya beli atau nggak yah? Atau Anda sudah punya dan bingung apakah saham ini harus dijual?

Restrukturisasi Hutang Menghidupkan Saham ENRG

 

Sebelum menentukan keputusan mari kita lihat apa sih yang menyebabkan saham ENRG melejit?

PT Energi Mega Persada Tbk. (ENRG) akhirnya mendapatkan restu dari pemegang saham lewat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar Rabu, 10 january lalu, untuk melakukan restrukturisasi hutang.

Skemanya dimulai dengan melakukan private placement terlebih dahulu senilai US$ 32,87 juta atau setara Rp 437,19 miliar. Rencananya konversi akan dilakukan untuk lima pihak, yaitu tiga kreditur dan dua vendor.

Lalu mengapa proses restrukturisasi hutang ini menyebabkan saham ENRG kena batas atas?

Hasil dari restrukturisasi ini adalah pengurangan hutang perusahaan dari US$ 857,11 juta menjadi sekitar US$ 825 juta.

Akibatnya rasio keuangan perusahaan akan membaik karena yang tadinya dibukukan menjadi hutang kini dibukukan menjadi ekuitas. Oleh karena itu, program restrukturisasi ini akan mempercantik hasil laporan keuangan ENRG ke depannya.

 

Hal ini juga bisa kita lihat dari berhasilnya restrukturisasi hutang yang dilakukan induk usaha ENRG yaitu PT. Bumi Resource Tbk (BUMI). Hutang BUMI berkurang USD 1.8 milyar dan total ekuitas perusahaan berubah dari negative menjadi positif akibat proses restrukturisasi hutang.

 

Tentu bukan hanya restrukturisasi hutang yang menjadi sentiment positif buat saham ENRG dan BUMI. Kenaikan harga batubara sebagai komoditas yang diperdagangkan kedua perusahaan juga memberikan sentiment positif buat kedua saham ini.

Figure 1. Coal Price Chart

Jadi, sudah saatnyakah borong saham-saham grup Bakrie?

Apa yang Dikatakan Chart Saham Grup Bakrie?

Walaupun menjadi sentiment positif dalam jangka pendek untuk saham ENRG, kita perlu tinjau lagi secara teknikal saham-saham grup Bakrie ini.

Jika kita perhatikan chart saham BUMI di atas, saham ini sedang menguji resisten 308. Saat ini jika Anda sudah buy on weakness, Anda masih bisa hold saham BUMI dengan target di area 376. Namun jika Anda belum punya sebaiknya tunggu breakout karena saat ini dalam jangka pendek terlihat saham BUMI masih bergerak sideways.

Sedangkan saham ENRG, pada perdagangan Jumat kemarin, saham ini bergerak cukup volatile. Walaupun sempat menyentuh area 150, saham ini malah ditutup hanya menguat 4,76%. Hal ini menunjukkan psikologis pasar yang tidak terlalu optimis dengan saham ini.

Tidak hanya kedua saham ini, saham DEWA, BRMS, dan UNSP juga melaju pekan ini.

So, bagaimana caranya trading saham-saham Grup Bakrie ini? Berikut saya berikan tips aman untuk trading saham bervolatilitas tinggi seperti ini.

Tips Trading Saham Grup Bakrie

 

Berdasarkan pengalaman, saham-saham yang bergerak cukup “lincah” seperti ini akan lebih aman jika melakukan buy on weakness. Why? Setelah suatu saham naik tinggi sangat wajar jika saham tersebut terkoreksi tajam. Jadi buat apa kita meresikokan modal kita untuk kejar harga di atas?

Yang kedua adalah jangan serakah! Ingat saham-saham ini volatilitasnya tinggi jadi tinggi resiko. Minimalkan resiko dengan mengurangi porsi beli Anda dari total portofolio Anda. Lakukan test buy dengan nominal kecil. Sekecil apa? Sekecil jika uang itu hilang tidak akan mernganggu aktivitas Anda seperti biasa.

Bagaimana jika sudah profit? Lakukan cuan bungkus!

Apa itu cuan bungkus?

Untuk saham-saham grup Bakrie lakukanlah strategy swing trading. Jika sehari dikasih profit 30% dari saham-saham Grup Bakrie dan besoknya dikasih bonus lagi 10%, jangan serakah. Realisasikan profit Anda dengan melakukan take profit.

Kalau harga besok masih naik gimana?

Jangan sekali-kali kecewa karena Anda cuman lakukan short term trade. Fokusnya adalah lindungi modal Anda. Selalu ingat prinsip bahwa saham yang naiknya cepat turunnya juga cepat. Oleh karena itu syukuri setiap profit yang Anda dapat.

Yang keempat, jangan terlalu serius. Anggap saja trading saham grup Bakrie ini sebagai hiburan yang memacu adrenaline. Jangan gunakan saham-saham bervolatilitas tinggi seperti ini sebagai profit maker. Ingat kalau untung disyukuri dan kalau rugi STRICTLY cut losses short sebelum sahamnya balik tidur ke harga 50.

Last but not least, jangan tradingkan saham Bakrie. Loh kok jangan ditradingkan?

Jika kata hati Anda mengatakan jangan trading saham-saham seperti ini karena Anda belum siap, jangan ditradingkan. Lebih baik kehilangan kesempatan daripada kehilangan uang.

Saya pikir trader “jaman now” sudah semakin pintar terutama dalam membatasi resiko. Jadi bukan hanya sekedar ikut ikutan saja apa yang lagi hot di pasar saham. Toh, masih banyak saham lain yang potensial dan lebih aman ditradingkan. Rekomendasi saham bisa Anda dapatkan setiap hari lewat fitur Gold Premium Access di bit.ly/goldpremiumaccess

Nah, trading saham-saham bervolatilitas tinggi memang menarik dan boleh saja dilakukan. Namun, jangan sembarang hajar, tetap ada strategynya. Sebagai super trader Anda harus tau tiga hal penting: analisa teknikal, psikologi trading dan money management. Jika Anda sudah mengerti konsepnya, maka Anda akan tahu strategy apa yang harus diterapkan untuk trading saham-saham Grup Bakrie. Terutama porsi masuknya supaya Anda bisa maksimalkan hasil trading Anda.

Pelajari ketiga hal ini di workshop Super Performance Trader. Save the date! Tanggal 15 January, kami akan buka pendaftaran. Pastikan Anda terdaftar dalam waiting list di bit.ly/joinsupertrader atau hub 082327229009

Please follow and like us:

You might also like More from author

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.