Bagi Anda yang baru mengenal pasar saham, mungkin Anda seringkali bertanya-tanya. Apa sih yang dimaksud dengan investasi pasar modal?  Investasi pasar modal merupakan salah satu investasi yang dilakukan dengan cara menanamkan modal Anda di salah satu instrumen pasar modal, seperti saham, obligasi, valas, dan lain-lain.

Nah, sebelumnya Anda pasti kepikiran bukan, kenapa sih harus investasi di pasar modal? Bukankah investasi itu beresiko? Ya, tentu saja investasi itu beresiko, akan tetapi resiko ini sebenarnya bisa Anda tekan dengan cara “mengenal” jenis investasi yang ingin Anda lakukan.

Seperti yang Warren Buffet katakan, “The risk comes from not knowing what you’re doing”. Oleh Karena itu, sebenarnya investasi itu menjadi beresiko jika Anda sama sekali tidak mengenal dan mengetahui apa yang harus Anda lakukan ketika melakukan investasi tersebut.

Kenapa kita harus berinvestasi di pasar saham?

 

1.Kebebasan waktu

Investasi saham merupakan investasi yang sangat mudah, dimana tidak ada batasan khusus yang membuat Anda harus mengakhiri investasi Anda. Mau investasi 1 tahun, 5 tahun bahkan 50 tahun sekalipun, tidak ada yang membatasinya.

2.Kebebasan modal

Maksud dari kebebasan modal disini ialah Anda bisa mulai berinvestasi saham dari modal yang sangat kecil sekalipun. Mulai dari Rp1 juta atau bahkan Rp100 ribu, tergantung disekuritas mana Anda memilih untuk membuka akun saham Anda.

 

3.Bisa dilakukan dimana saja

Investasi saham bisa dilakukan dimana saja yang Anda mau, karena investasi saham ini bisa dilakukan secara online. Sehingga Anda bisa melakukan investasi saham Anda dimanapun Anda mau, selama ada internet tentunya.

 

4.Praktis

Investasi saham merupakan salah satu cara investasi yang sangat praktis. Karena Anda hanya perlu membeli dan menahan saham Anda selama beberapa waktu, lalu menjualnya di harga lebih tinggi. Simple sekali bukan? Hanya dengan beli dan jual saja Anda bisa mendapatkan profit yang besar.

 

5.Pertumbuhan pasti dalam jangka panjang

Ketika melakukan investasi saham dalam jangka panjang, hampir dapat dipastikan Anda akan mendapatkan keuntungan. Kenapa? Karena dalam investasi saham, itu berarti Anda ikut ambil bagian dalam perusahaan yang Anda pilih. Lalu, memangnya ada perusahaan yang dibangun untuk mencari kerugian? Tentu saja seluruh perusahaan dibentuk untuk mendapatkan keuntungan bukan? Jadi, investasi Anda pasti akan ikut bertumbuh, seiring dengan pertumbuhan perusahan tersebut dalam jangka panjang.

 

Kalau memang menguntungkan, seberapa besar keuntungan yang bisa saya dapatkan melalui investasi saham?

Gampang saja, Anda bisa memperkirakan keuntungan yang Anda dapatkan dengan menggunakan IHSG. Kok bisa begitu? Karena IHSG merupakan pergerakan rata-rata seluruh saham yang ada di bursa setiap harinya. Oleh karena itu, IHSG bisa dijadikan sebagai patokan berapa keuntungan yang Anda dapatkan dari investasi saham ini.

Seberapa besar keuntungannya? Sejak tahun 2009-2018, IHSG mengalami pertumbuhan hingga sekitar +550%! Coba Anda bayangkan, jika Anda menginvestasikan 1 saham saja, dengan modal sebesar Rp1jt, maka modal Anda saat ini sudah akan bertambah menjadi Rp6,5jt. Cukup Menggiurkan bukan?

 

Nah, selanjutnya ada hal dasar yang perlu Anda ketahui mengenai investasi saham ini. Banyak sekali pemula yang salah mengartikan seorang trader yang melakukan trading dengan seorang investor yang berinvestasi.

 

Trader merupakan seseorang yang melakukan trading atau jual beli saham dalam jangka pendek, biasanya harian hingga beberapa minggu saja. Sedangkan seorang investor merupakan seseorang yang membeli kemudian menyimpan sahamnya dalam waktu minimal 5 tahun, kemudian baru menjualnya.

 

Menjadi seorang trader maupun seorang investor tentunya memiliki beberapa keuntungan dan resiko tersendiri, diantaranya:

 

1.Dividen

Dividen merupakan salah satu hal yang menjadi keuntungan utama bagi seorang investor. Karena menyimpan sahamnya dalam waktu lama, seorang investor tidak terlalu melihat volatilitas pergerakan sahamnya yang naik-turun. Akan tetapi lebih berfokus ke seberapa besar dividen yang bisa ia dapatkan jika membeli saham tersebut.

 

2.Capital gain

Berbanding terbalik dengan investor, capital gain atau keutungan dari selisih harga jual dan beli merupakan hal yang paling diincar seorang trader. Karena selalu melihat pergerakan harga dan melakukan jual beli dalam waktu cepat. Biasanya keutungan seorang trader tidak terlalu konsisten.

 

Jadi, siapkah Anda berinvestasi di dunia saham? Apakah Anda ingin menjadi seorang trader yang bisa untung banyak dan konsisten, tapi tidak ingin menunggu bertahun-tahun untuk mendapatkan keuntungannya?

 

Pelajari Selengkapnya

 

Pelajari selengkapnya cara trading agar mendapatkan profit yang maksimal melalui:

– Pelajari melalui online class Trading for Living dengan klik url berikut ini : www.onlineclass.ellen-may.com

– Dapatkan rekomendasi trading saham dan edukasi setiap hari melalui Premium Access

(www.premiumaccess.id)

– Be a professional Super Trader ™ dalam workshop 3 hari Super Trader ™ bersama Ellen May @pakarsaham (www.supertrader.id)

 

We make money, we change lives better!

 

Salam profit!

Team Ellen May Institute

 

 

Salam profit!