Investasi VS Trading

Dalam membeli saham, orang-orang seringkali membanding-bandingkan antara long investing dan fast trading. Kebanyakan beranggapan bahwa agar mendapatkan keuntungan yang besar, maka Anda harus melakukan investasi saham.

Lantas, apakah trading tidak menguntungkan? Jadi, apa cara terbaik dalam membeli saham, apakah dengan cara investasi ataukah trading? Simak pembahasannya berikut ini.

Ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda perhatikan ketika akan memilih ingin investasi atau trading saham.

1.Tujuannya

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan ialah terkait tujuannya. Orang yang ingin melakukan investasi, umumnya merupakan orang sibuk yang tidak ingin terlalu pusing memikirkan portofolionya. Biasanya orang yang memilih investasi juga dikarenakan adanya pembagian dividen tiap tahun.

Sementara bagi Anda yang ingin menjadikan saham sebagai bisnis atau trading for living bisa memilih trading saham.

2.Perbedaan mindset dan time framing.

Mindset seorang trader ialah ingin segera mendapatkan keuntungan ataupun profit dalam jangka pendek. Biasanya mereka selalu melakukan jual beli saham dalam rentang waktu 1 minggu, harian atau bahkan dalam hitungan jam.

Jadi, tidak heran keuntungan yang dihasilkanpun biasanya tidak terlalu besar dibandingkan dengan investasi yang memiliki rentang waktu jual beli hingga bertahun-tahun dengan porsi keuntungan yang lebih besar tentunya.

3.Resiko yang terbatas

Ketika membeli saham, ada orang yang selalu khawatir dan takut bahwa nilai saham yang dia beli akan jatuh dan menjadikannya rugi. Nah, orang-orang seperti ini umumnya lebih cocok dengan pola investing, yang tidak terlalu memperhatikan gejolak harga saham dalam jangka pendek yang biasanya bisa membuat jantung Anda ikut bergoyang :D. Selain resiko dari investing yang lebih kecil, keuntungannya pun juga lumayan. So why not?

Namun, bagi Anda yang menginginkan keuntungan lebih besar bisa mencoba trading. Tapi, Anda juga harus siap menerima resiko yang lebih besar, sesuai dengan keuntungan yang Anda incar.

4.Unique Strategy

Hal utama yang juga menjadikan investasi dan trading sangat berbeda ialah strategi-nya. Bagi Anda yang hanya ingin bersantai-santai dan tidak terlalu memikirkan portofolio Anda, Anda bisa memilih untuk menggunakan strategi investing. Karena jangka waktunya yang panjang, resiko rugi dalam investing menjadi lebih kecil. Anda pun juga bisa melakukan banyak hal lain ketika saham Anda terus berputar, naik dan turun.

Tapi bagi Anda yang sedikit ingin merasakan adrenalin, maka Anda bisa mencoba trading saham. Tidak hanya melatih mental, trading saham ini ternyata juga bisa membuat proses pengambilan keputusan ataupun decision making Anda akan semakin bijak. Jadi tidak hanya mendapatkan profit, Anda pun juga akan semakin banyak belajar dari trading saham ini.
Lalu strategi manakah yang harus saya ambil? Apakah menjadi seorang investor ataukah trader?

Itu semua tergantung pilihan Anda. Jika Anda ingin memiliki keuntungan yang besar, akan tetapi tidak ingin terlalu pusing ataupun sibuk untuk mengurus saham Anda, maka Anda bisa memilih untuk menjadi investor.
Sedangkan jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu cepat, Anda bisa menjadi seorang trader.
Lantas bisakah saya menjadi seorang trader dengan keuntungan seperti seorang investor?

Tentu saja bIsa!!! Anda bisa mendaftar dan bergabung ke dalam gold premium access, dimana Anda akan mendapatkan rekomendasi saham pilihan yang bisa memberikan keuntungan seperti layaknya investasi namun dalam jangka waktu yang cepat. Ingin tahu lebih banyak lagi? Daftar segera di bit.ly/goldpremiumaccess
Salam profit,

Please follow and like us:

You might also like More from author

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.