Seorang yang sukses dan berhasil di dalam suatu bidang, entah itu bisnis, karir maupun trading sebelumnya adalah orang yang tidak tahu apa – apa soal bidang yang mereka geluti saat ini.

Lantas apa sih yang membuat mereka berhasil? Apa yang membuat mereka sukses?

Tentunya kesuksesan yang mereka raih saat ini, tidak didapat dalam sekejap mata saja. Ada usaha yang mereka lakukan, ada kemauan yang keras dari dalam diri mereka, ada jalan darah yang harus mereka lalui dan jatuh bangun dalam proses menuju kesuksesan di dalam bidang yang mereka geluti terutama trading.

Banyak sekali orang yang ingin make money dalam pasar saham, namun tidak siap dengan risiko yang akan dihadapi. Atau bahkan ada yang menjadikan pasar saham sebagai ajang berjudi. Tentu saja ini sangat bertolak belakang dengan tujuan Anda yang ingin berhasil make money di pasar saham.

Lalu apa sih yang harus Anda lalukan  jika ingin berhasil make money dari pasar saham? Apa yang harus Anda lakukan dan hindari? Yuk baca sampai habis tulisan ini..

Take action now!

“You don’t have to be great to get started, but you have to get started to be great.” Les Brown.

Perbedaan antara orang yang sudah sukses dalam hal trading saham dan orang biasa adalah kemauan untuk segera melakukannya. Ya, seperti tulisan di atas, yang dibutuhkan adalah sebuah semangat belajar dan mau langsung praktek beli dan jual saham. Namun apa yang sebenarnya menghalangi seseorang untuk take action? Sesulit itukah untuk memulai trading saham?

Memiliki mindset yang benar mengenai trading saham akan mempercepat Anda dalam memenuhi tujuan Anda melakukan trading saham. Banyak orang mungkin skeptis, ragu, takut, dan bingung terhadap bagaimana caranya mulai trading saham. Mereka masih dibayangi perasaan yang tanpa sadar itu menjadi penghalang besar mereka untuk mengambil sebuah keputusan untuk mulai mencari uang dalam pasar saham. Jika mindset Anda saja masih belum yakin penuh untuk make money dalam pasar saham, bagaimana mungkin Anda bisa berhasil

Memulai trading saham tidaklah sesulit seperti yang dibayangkan. Anda hanya butuh membuka akun saham di sekuritas. Tanpa adanya kriteria yang sulit seperti ijazah/sertifikasi tertentu, batasan umur, jenis pekerjaan dll membuat langkah awal Anda semakin mudah. Lalu tunggu apa lagi? Mindset seperti apa yang perlu ditanamkan?

Investasilah pada diri Anda terlebih dahulu sebelum berinvestasi saham! Perbedaan antara sebuah keinginan dan mengambil sebuah keputusan adalah kemauan yang begitu kuat yang pantang menyerah. Ketika Anda betul-betul komitmen dalam sebuah hal, yang Anda butuhkan adalah sebuah ketekunan. Bahkan, ketekunan ini bisa melebihi ilmu jika Anda benar-benar ingin mencapai kesuksesan. Ilmu itu bisa didapatkan melalui buku, pelatihan, internet dan masih banyak lainnya.

Analoginya seperti Anda ingin belajar naik sepeda dari sebuah buku. Tentunya cara Anda supaya bisa mengendarai sepeda dengan mengakumulasi pengalaman Anda yang baik dan buruk dan belajarlah dari hal itu.

Start small

Ketika Anda sudah memiliki mindset yang siap untuk mulai trading saham, pertanyaan berikutnya bagaimana caranya mulai trading saham? Berapakah modal yang ideal untuk mulai?

START SMALL! Start small maksudnya adalah mulailah dengan modal yang kecil, modal yang Anda siap hilang ketika mengalami kerugian sehingga tidak akan mengganggu kondisi finansial dan psikologis Anda. Fokuslah belajar dulu ketika memulai sesuatu karena peluang selalu ada. Jangan takut kehilangan cuan.

“The best investment you can make, is an investment in yourself. The more you learn, the more you’ll earn.” Warren Buffett, seorang investor legendaris.

Posisikan Diri Anda Sebagai Seorang Trader, Bukan Analis

Trader dan Analis itu beda. Seorang analis bisa menganalisa pergerakan harga saham atau membaca dan menilai fundamental/laporan keuangan suatu perusahaan. Seorang trader mungkin saja baru memiliki pengetahuan yang terbatas namun ketika memiliki action yang lebih berani dari seorang analis dan manfaat dari mengambil keputusan ini bisa menghasil profit lebih. Mengapa bisa demikian?

Karena analis umumnya menolak untuk mengakui kesalahan mereka secara objektif dan menganalisa kembali hasil analisanya sehingga tradingnya pun juga cenderung takut-takut/tidak berani menghadapi risiko yang ada. Yang bisa kita lakukan adalah meminimalisir risiko, bukan menghilangkannya, oleh sebab itu, ketika mengalami kesalahan/kegagalan, jadikanlah itu sebuah pelajaran yang berharga. Learn from mistakes!

Karena semua trader pun pernah mengalami kegagalan dan mereka belajar dan mengubah mindset mereka sehingga menjadi seorang yang berhasil. Mereka pun bermula dari modal yang kecil, kemudian dengan mindset yang positif, ketekunan yang konsisten, dan rasa haus belajar yang tinggi membuat mereka bersemangat dalam menganalisa dan berhasil. Jika Anda sudah mengetahui rahasia investasi terbaik ada di mindset Anda dan Anda sudah siap untuk mulai perjalanan trading Anda untuk memenuhi life goals Anda, tunggu apa lagi?