IHSG Tembus 6000, Bagaimana Action Trader dan Investor Selanjutnya?

Tembus level 6000, IHSG ditutup menguat 1,23% di level 6025 dengan valuasi transaksi 8,64 triliun.

Nah, hal ini sudah kita antisipasi lewat Monthly Exclusive Insight salah satu produk dari Gold Premium Access. Kami melihat bahwa jika IHSG di awal bulan ini bisa melewati 5915 maka target 6000 bukan mustahil untuk dicapai.

Bagaimana dengan trader dan investor? Pastikan Anda baca artikel yang bermanfaat ini sampai habis ya.

Pendorong IHSG

 

Ekonomi Indonesia

Fundamental ekonomi yang baik tentunya akan meningkatkan optimisme pelaku pasar untuk melakukan transaksi di pasar saham. Nah, jika kita perhatikan data-data ekonomi yang sudah rilis di bulan Oktober ini, masih menunjukkan ekonomi yang stabil.

Misalnya saja Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami kenaikan atau inflasi tipis sebesar 0,13% pada September 2017. Selain itu, neraca perdagangan Indonesia pada September 2017 juga mengalami surplus sebesar 1,76 miliar dollar Amerika.

Namun, disetujuinya RAPBN 2018 hari inilah yang menjadi pendorong kenaikan IHSG hari ini.

Lembaga DPR akhirnya menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) APBN Tahun Anggaran 2018 untuk disahkan menjadi Undang-Undang. Target belanja negara yang disetujui adalah sebesar Rp 2.220,66 triliun. Angka ini terdiri dari belanja pemerintah pusat Rp 1.454,49 triliun dan belanja transfer ke daerah dan dana desa Rp 766,16 triliun.

Anggaran ini akan diteruskan ke beberapa BUMN seperti Adhi Karya (ADHI), Waskita Karya (WSKT), Wijaya Karya (WIKA), Indocement (INTP), dan JasaMarga (JSMR). Alhasil harga saham emiten BUMN di atas menguat pada perdagangan hari ini.

Selain itu proyeksi ekonomi di tahun 2018 juga positif. Pemerintah menargetkan kenaikan GDP 5.4%, inflasi di level  3.5% dan nila tukar rupiah di 13,400/USD.

Laporan Keuangan Kuartal III

 

Kenaikan harga saham emiten juga didorong oleh rilisnya laporan keuangan kinerja emiten di kuartal III tahun ini. Mayoritas emiten mencetak kinerja yang cukup memuaskan.

Di sector konstruksi misalnya pendapatan usaha Waskita Karya (WSKT) naik hingga 103%! Angka ini dibawah ekspektasi consensus sehingga banyak analis yang menaikkan ekspektasinya terhadap saham ini.

Untuk besok, kita masih menunggu rilisnya laporan keuangan beberapa emiten berkapitalisasi besar seperti BBRI, BBCA, INDF, ICBP, TLKM, SMGR. Laporan keuangan yang memuaskan berpotensi mendorong harga saham emiten-emiten ini yang tentunya sentiment positif buat IHSG untuk terus melaju.

Investor Asing Net Sell

Walaupun euphoria dengan sentiment positif dari dalam negeri, kita tetap harus cermati posisi investor asing dalam IHSG.  Walaupun terus berkurang, sumber data Kontan, menyebutkan porsi investor asing saat ini masih 52,23%

Investor asing tercatat sudah melakukan net sell Rp 40,338 triliun sejak tanggal 31 May 2017.

Namun, hari ini investor asing terlihat kembali masuk ke pasar dengan mencatat net buy Rp 113,83 milyar. Top 3 saham yang dibeli investor asing hari ini adalah: BMRI, UNTR BBRI.

What’s Next?

 

Setelah Anda tahu bahwa fundamental ekonomi serta sentiment positif yang mampu mendorong IHSG menembus 6000, sekarang saatnya action. Apa yang harus dilakukan sebagai trader? Apa yang harus dilakukan investor?

Trader’s Action

Saat ini trader diuntungkan karena dengan penguatan IHSG berarti banyak peluang untuk melakukan trading.

Nah, saham Blue chips masih mampu menguat seiring dengan penguatan IHSG namun saham-saham ini gerakannya tentu lebih lambat dibandingkan dengan saham-saham berkapitalisasi kecil maupun menengah. Jika Anda mau trading saham ini kuncinya adalah lebih sabar. Walaupun lambat, saham-saham blue chips resikonya lebih rendah dan cocok untuk pemula. Likuiditas saham cenderung besar sehingga Anda yang punya modal besar tidak perlu takut nyangkut.

Be careful dengan saham TLKM. Walaupun IHSG tembus 6000, TLKM sebagai saham dengan kapitalisasi pasar terbesar di bursa Indonesia, terus terkoreksi. Saat ini support ada di area 4000. Sebaiknya wait and see dan jangan trading dulu saham ini.

Lalu trading saham apa?

Saat ini untuk trading saham UNTR dan INTP kembali potensial.

Selain itu, masih banyak saham yang potensial terutama saham sector konstruksi. Diuntungkan dari RAPBN 2018, sector konstruksi berpotensi menguat. Saat ini beberapa saham sudah mulai jalan dan member Gold Premium Access serta Ms. Ellen May sendiri sudah meraup keuntungan hingga 10% dalam dua minggu!

Perlu diperhatikan, tidak semua saham sector konstruksi layak untuk trading. Anda harus cermat memilih saham sector konstruksi. Daftar bit.ly/goldpremiumaccess sekarang supaya tidak ketinggalan saham-saham potensial dari sector ini dan sector lainnya.

Investor’s Action

Sama dengan trading, investasi juga perlu strategy dan timing yang tepat untuk masuk.

Untuk mendapatkan timing yang tepat, Anda perlu tahu siklus ekonomi. Dimanakah Indonesia saat ini? Jika Anda sudah tahu siklusnya, Anda bisa atur strategynya.

Ada banyak sekali strategy dalam investasi saham mulai dari value investing, growth investing, dollar cost averaging atau “nabung saham”. Nah, mau pilih yang mana semua tergantung siklus ekonominya dan bagaimana profil resiko Anda.

Setelah tau strategy dan timingnya, lebih penting lagi harus tau saham apa untuk investasi. Tentunya saham yang dipilih harus berfundamental bagus. Saham tersebut harus punya pertumbuhan laba yang konsisten dan manajemen yang baik.

Ketiga komponen tersebut: timing, strategy dan saham apa semuanya berperan penting untuk investasi yang menguntungkan.

Sebagai contoh, kita tahu saham BBRI berfundamental bagus. Namun, apakah sekarang sudah saat yang tepat untuk beli saham BBRI. Bukannya ada siklus sepuluh tahunan? Apakah 2018 akan crash?

Crash atau tidak kita hanya bisa antisipasi dengan BELAJAR!

Persiapkan dulu diri Anda supaya dalam siklus apapun, Anda tau harus melakukann action apa.

Nah, khusus akhir tahun ini, seminar terakhir yang akan dibawakan langsung dengan pakar dan praktisi saham Ms. Ellen may. Seminar Winning Stocks Masteries membahas langsung mengenai strategy investasi, siklus saham untuk timing yang tepat dan serta membahas saham apa yang bisa Anda investasikan.

Hari ini buka pendaftaran dan hampir fully book! Jangan sampai kehabisan seat. Persiapkan diri Anda sekarang. Action now di bit.ly/winningstocksmasteries atau hubungi 082220747576.

Please follow and like us:

You might also like More from author

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.