Tidak terasa bulan Oktober sekarang telah tiba, tidak seperti bulan-bulan sebelumnya, pada bulan Oktober ini terdapat suatu fenomena yang kerap terjadi di dunia saham yang disebut dengan “Halloween Effect”.

Apa yang dimaksud dengan “Halloween Effect” itu? Apakah hal ini yang menyebabkan bulan Oktober kerap menjadi bulan yang menakutkan bagi para investor? Simak jawabannya berikut ini.

Halloween Effect

Pada bulan Oktober, Anda pasti sering kali mendengar festival halloween yang merupakan tradisi di benua barat untuk menakut-nakuti anak kecil bukan?

Nah, hampir sama seperti itu, Halloween Effect pada dunia saham merupakan masa-masa kejatuhan saham Amerika yang kerap kali terjadi dibulan Oktober. Saking seringnya, akhirnya terciptalah istilah halloween effect, untuk menunjukkan betapa menakutkannya bulan Oktober tersebut bagi para pemain saham.

Tapi, benarkah hal ini juga terjadi di Indonesia?

Halloween Effefct pada awalnya hanya terjadi di bursa Amerika saja. Namun, mengingat besarnya pasar saham tersebut, efek ini akhirnya merambat hingga ke pasar Indonesia.

Jika Anda perhatikan setiap bulan Oktober IHSG mengalami penurunan yang cukup tajam.

Contohnya pada tahun 1998, 2008 dan 2013 dimana IHSG menagalami koreksi pada bulan Oktober di tahun-tahun tersebut.

Jika saya lihat, setiap tahunnya pada bulan-bulan September, Oktober, dan November, tingkat volatilitas di dunia saham itu cenderung tinggi.

Kenapa? Hal ini terutama diakibatkan oleh rilisnya data-data penting untuk tahun berjalan, seperti PDB, Inflasi, laporan keuangan dan berbagai data ekonomi global yang dirilis menjelang akhir tahun. Sehingga, tidak heran bulan Oktober sering kali menjadi bulan terendah pada pasar saham.

Lalu, bagaimana dengan bulan Oktober untuk tahun 2017 ini?

Untuk bulan Oktober tahun ini, saya melihat pasar saham masih bisa cenderung naik. Hal ini terutama diakibatkan oleh bagusnya data ekonomi Indonesia, seperti level suku bunga yang berada pada level terendah sepanjang sejarah, di level 4,25%. Kemudian kenaikan peringkat investmen grade oleh S&P dan juga kenaikan harga-harga komoditas.

Namun, meskipun cenderung naik, Anda masih tetap harus waspada akan volatilitas yang akan terjadi pada bulan Oktober ini.

Lalu, bagaimana cara menghadapi volatilitas pasar yang cukup tinggi menjelang akhir tahun ini? Ingin tahu saham-saham potensial yang bisa memberikan Anda keuntungan hingga ratusan persen? Daftar dan ikuti Winning Stock Masteries di bit.ly/winningstocksmasteries

Salam profit!