Meskipun IHSG saat ini sedang dilanda kekhawatiran akibat pergeraka yang masih terus saja terkoreksi, saham ERAA masih tetap beraksi. Pergerakan saham ERAA saat ini masih bertahan dengan trend bullishnya. Lantas, ada sentimen apakah yang membuat saham ERAA masih mampu terus menguat hingga saat ini? Simak ulasannya berikut ini.

Lonjakan Saham ERAA

Pada tanggal 15 Mei kemarin, saham ERAA sempat melonjak hingga 7% dan hampir menembus resistance kkuatnya di angka 2000. Padahal, disaat itu, IHSG sendiri sedang sangat tertekan oleh berbagai sentimen eksternal, dan juga potensi BI untuk menaikkan suku bunga.

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan melonjaknya saham ini?

Lonjakan saham ERAA belakangan ini ternyata akibat datangnya investor baru di saham tersebut. Yaitu Green Better Limited dan Astrend Opportunity II yang merupakan afiliasi dari perusahaan teknologi ternama di Hongkong yaitu Xiaomi.

Masuknya Xiaomi ke saham ERAA dilakukan Xiaomi melalui private placement atau penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu sebanyak 290 juta saham atau sekitar 10% saham ERAA.

Dalam pelaksanaan private placement tersebut, ERAA melepas 10% saham baru ini dengan harga nominal Rp 500 per saham dan harga pelaksanaan Rp 1.054 per saham. Artinya, ERAA mengantongi dana segar Rp 305,66 miliar yang dapat digunakan untuk ekspansi maupun modal usaha perusahaan.

Lalu bagaimanakah efek private placement ini terhadap saham ERAA?

Pada umumnya, aksi private placement merupakan salah satu aksi yang dilakukan perusahaan untuk mendapatkan dana dana segar yang akan digunakan untuk membantu melunasi utang-utangnya.

Namun, berbeda dengan ERAA, yang melakukan tujuan private placement untuk melakukan ekspansi usaha dan menggarap bisnis baru yang bergerak di layanan pinjam meminjam berbasis IT.

Hal ini seharusnya akan berdampak positif untuk mendorong kenaikan harga saham perusahaan. Apalagi, pihak manajemen menyatakan saham hasil private placement tersebut akan di-lockup selama satu tahun, sehingga akan mengurangi resiko penurunan tiba-tiba akibat aksi taking profit oleh investornya.

Bagaimana jika ingin beli saham ERAA?

Pada hari ini 16 Mei 2018, saham ERAA sudah bergerak menguat hingga 2% ke level 2040. Jika Anda mau membeli saham ini, Anda bisa membelinya dengan range buy sekitar 1940-2000, dengan target jualan di harga 2290-2300. Proteksi atau jual saham Anda, jika harganya menurun hingga 1900.

Saham ERAA sendiri sudah direkomendasikan di Premium Access sejak 24 April 2018 di level 1325, dengan floating profit sekitar 50.94%.

Dapatkan  informasi selengkapnya di www.PremiumAccess.id/web dan pelajari cara trading melalui workshop Super Performance Trader. Jangan tunggu rugi besar baru mau belajar. Investasikan uang Anda dengan bijak, supaya uang itu bisa beranak lebih banyak lagi, dengan ikuti workshop Super Performance Trader dan daftar melalui www.supertrader.id

 

Salam profit,
Ellen May Institute