Bicara mengenai saham, banyak sekali para investor dan trader membicarakan mengenai berbagai hal seperti risiko, keuntungan dan juga cara beli maupun jual saham itu sendiri.

Tapi kebanyakan dari mereka lupa mengenai “Berapa banyak uang yang harus saya alokasikan untuk membeli saham?” Lalu, berapa banyak saham yang harus saya beli? Berikut penjelasannya.

Kebanyakan para investor ketika tahu harus membeli saham apa, maka kemudian pasti akan kembali muncul pertanyaan mengenai seberapa besar jumlah dan nilai saham yang harus saya beli?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda kondisikan.

1. Untuk apa tujuan Anda membeli saham tersebut?

Jika ternyata Anda ingin membeli saham untuk investasi dimasa depan, maka Anda perlu melakukan diversifikasi atau memecah jumlah saham dan modal yang Anda miliki. Misalkan, Anda memiliki penghasilan sebesar Rp100 juta. Maka Anda bisa menyisihkan 10% dari penghasilan Anda untuk membeli saham atau investasi.

Lalu, bagaimana jika saya ingin menginvestasikan hingga 50% dari modal atau penghasilan saya ke saham?

Tidak masalah, selama itu bukanlah uang panas, ataupun uang yang Anda perlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Perlu Anda ingat, berinvestasi saham memerlukan waktu yang lama. Jadi, ketika Anda ingin berinvestasi saham, maka pastikan dana yang akan Anda investasikan merupakan uang sisa, atau uang lebih yang masih tersisa ketika seluruh kebutuhan Anda terpenuhi.

2. Make money dari saham

Mungkin Anda sering bertanya-tanya, bisakah saya menghasilkan uang dan memenuhi kebutuhan saya tanpa bekerja sama sekali? Tentu bisa.

Hal inilah yang dilakukan oleh para trader. Mereka bahkan bisa menghasilkan uang dalam jumlah yang jauh lebih besar daripada penghasilan mereka selama sebulan hanya dalam waktu beberapa minggu saja.

Bagaimana kuncinya? Hal utama yang harus Anda ketahui, dalam melakukan jual beli saham, semakin besar modal Anda maka akan semakin besar profit atau keuntungan yang Anda dapatkan. Misalkan Anda memiliki modal sebesar Rp10 juta, tapi Anda ingin bisa make money hingga Rp5 jt atau 50% dari modal Anda dalam waktu singkat. Apakah bisa?

Untuk investasi dalam kurun waktu beberapa tahun hal itu mungkin gampang untuk dilakukan. Tapi untuk bisa menghasilkan profit sebesar itu dalam waktu kurang dari sebulan, mungkin akan cukup susah.

Nah, tapi lain halnya jika Anda memiliki modal hingga Rp100 juta untuk dibelikan saham. Maka profit sebesar Rp5jt bukanlah hal yang sulit. Nah, oleh karena itu, Anda harus ingat bahwa semakin besar keuntungan yang Anda inginkan maka akan semakin besar resiko yang Anda miliki. So be carefull 😀

Agar trading maupun investasi Anda bisa berhasil, Anda juga harus melakukannya dengan hati yang “gembira”. Apa artinya?

Artinya Anda harus membeli ataupun menual saham tanpa beban. Seringkali ketika membeli saham Anda memiliki target profit ataupun keuntungan yang sangat tinggi. Nah, ketika memiliki target yang sangat tinggi, penilaian ataupun pengambilan keputusan Anda akan menjadi sangat subyektif sehingga ketika membeli saham A harusnya Anda untung malah menjadi rugi akibat pengambilan keputusan yang subyektif dan terburu-buru.

Oleh karena itulah, dalam membeli dan menjual saham memerlukan penilan yang obyektif dan juga sikap tenang, agar Anda dapat mengambil keputusan terbaik setiap kali membeli maupun menjual saham.

Ingin beli saham tapi Anda masih belum paham bagaimana cara dan juga strategi untuk jual beli saham tersebut? Segera join di bit.ly/goldpremiumaccess

Karena tidak hanya akan mendapatkan profit maupun strategi jual beli saham, Anda juga akan mendapatkan edukasi untuk semakin meningkatkan skill trading dan investasi Anda.

We Make Money, We Change Live.

Salam profit !