Tahukah Anda bahwa ternyata harga saham bergerak dalam sebuah pola? Pola yang sering kali digunakan oleh trader maupun analis untuk memprediksi harga saham dan memanfaatkannya untuk mengambil keuntungan dalam trading. Mengapa bisa demikian?

Ungkapan bahwa “history repeats itself” juga berlaku pada pergerakan harga saham, hal ini juga terkonfirmasi di salah satu prinsip dasar Dow Theory mengenai harga pergerakan harga yang akan terus berulang hingga membentuk pola – pola tertentu.

Dengan mengetahui dan mempelajari pola – pola yang ada di dalam pergerakan harga saham, ke depan Anda akan mampu memprediksi kemana arah pergerakan harga selanjutnya. Lalu apa saja pola – pola tersebut? Yuk baca sampai habis dalam artikel “Mengenali Pola Dalam Trading Saham”

Diantara beberapa pola yang ada di pasar, berikut ini adalah pola – pola yang perlu Anda pelajari agar Anda mampu mendeteksi pembalikan arah dari pergerakan harga.

Berikut ini adalah pola reversal atau pola pembalikan arah harga, pola ini bisa Anda manfaatkan untuk beli saham ataupun menjual saham, tergantung pola apa yang akan muncul nantinya.

Pola double bottom merupakan pola reversal yang muncul ketika trend bearish sedang berlangsung. Pola double bottom ini biasa dimanfaatkan untuk melakukan pembelian, karena biasanya setelah muncul pola double bottom ini harga akan berbalik arah dari bearish menjadi bullish.

Lalu kapan kita melakukan pembelian ketika muncul pola tersebut?

Pola double bottom ini akan terkonfirmasi apabila harga telah berhasil menembus neckline, maka dari itu idealnya untuk Anda melakukan pembelian adalah ketika harga sudah berhasil menembus neckline.

Setelah harga menembus neckline biasanya harga akan melanjutkan kembali penguatannya, penguatan tersebut dapat Anda ukur dengan mengukur jarak dari titik terendah ke puncak terdekat atau neckline.

Maka dari itu biasanya jarak dari titik terendah hingga puncak terdekat tersebut dapat Anda jadikan sebagai target profit taking Anda.

Berikut ini adalah contoh pola double bottom yang muncul pada grafik IHSG:

Inverted head and shoulders merupakan pola reversal yang muncul ketika trend bearish sedang berlangsung. Inverted head and shoulders ini biasa dimanfaatkan untuk melakukan pembelian, karena biasanya setelah muncul pola Inverted head and shoulders ini harga akan berbalik arah dari bearish menjadi bullish.

Lalu kapan kita melakukan pembelian ketika muncul pola tersebut?

Inverted head and shoulders ini akan terkonfirmasi apabila harga telah berhasil menembus neckline, maka dari itu idealnya untuk Anda melakukan pembelian adalah ketika harga sudah berhasil menembus neckline.

Setelah harga menembus neckline biasanya harga akan melanjutkan kembali penguatannya, penguatan tersebut dapat Anda ukur dengan mengukur jarak dari titik terendah ke puncak terdekat atau neckline.

Maka dari itu biasanya jarak dari titik terendah hingga puncak terdekat tersebut dapat Anda jadikan sebagai target profit taking Anda.

Berikut ini adalah contoh pola inverted head and shoulders yang muncul pada grafik IHSG:

Nah, dengan mengetahui beberapa pola di atas tentunya Anda akan dapat mengantisipasi kapan suatu trend bearish akan berakhir sehingga Anda dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk buy, begitu juga sebaliknya Anda juga dapat mengantisipasi kapan suatu trend bullish akan berakhir sehingga Anda dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk keluar dari market. Sehingga keuntungan yang akan Anda peroleh bisa maksimal dan kerugian atau risiko yang akan Anda hadapi di saat market mulai bearish bisa diperkecil.

Last but not least, perlu Anda ketahui bahwa pola – pola di atas hanya sebagian kecil saja dan masih banyak lagi pola- pola yang akan Anda temui nanti di pasar yang dapat mengantarkan Anda kepada profit yang luar biasa di dalam trading saham.

Jika Anda ingin mempelajari lebih dalam mengenai pola – pola tersebut, lalu bagaimana cara agar Anda tetap bisa profit pada saat market sedang bearish dan bagaimana cara mengatur money management yang sesuai dengan profit resiko Anda, sebaiknya Anda mulai dengan belajar melalui www.premiumaccess.id dan www.supertrader.id .

Pelajari Selengkapnya

Pelajari selengkapnya cara trading agar mendapatkan profit yang maksimal melalui:

- Pelajari melalui online class Trading for Living dengan klik url berikut ini : www.onlineclass.ellen-may.com

- Dapatkan rekomendasi trading saham dan edukasi setiap hari melalui Premium Access

(www.premiumaccess.id)

- Be a professional Super Trader ™ dalam workshop 3 hari Super Trader ™ bersama Ellen May @pakarsaham (www.supertrader.id)

 

We make money, we change lives better!

 

Salam profit!

Team Ellen May Institute