Setelah IHSG rontok di bulan Maret tahun 2018 dan melalui  masa sideways yang cukup panjang sejak bulan Agustus tahun 2018, di penghujung tahun 2018 Desember seperti yang sudah kita antisipasi sebelumnya IHSG mulai membaik sampai saat ini. Terlihat secara teknikal IHSG telah berhasil keluar dari masa konsolidasi dan mulai memasuki fase akumulasi atau bullish trend nya.

Saat ini IHSG sudah berada di dalam bullish trend, hal ini dapat kita lihat dari harga yang berhasil menembus resisten dan membentuk formasi higher high dan higher low, selain itu kita juga bisa lihat terjadi beberpa golden corss atau perpotongan MA kecil, MA 20 dan MA 50 ke atas MA besar, MA 100 dan MA 200. Lalu kemana arah IHSG berikutnya?

 

Dalam jangka waku menengah IHSG masih mampu menguat setidaknya hingga level 6700.

 

Lalu bagaimana dampaknya terhadap saham – saham yang ada di bursa saat ini? Dan apa yang seharusnya kita lakukan sebagai seorang trader saham?

 

Penguatan IHSG ini tentunya juga akan berimbas pada pergerakan harga saham dan salah satu saham saham yang perform di awal tahun adalah saham SOCI, SMRA dan MGRO

SMRA

Secara teknikal saham SMRA sudah mulai memasuk bullish trend setelah keluar dari konsolidasinya pada bulan November 2018.

Meskipun saat ini harga tertahan di area resisten, namun secara trend harga masih berada dalam trend bullish dan sampai saat ini masih belum ada terlihat munculnya pola pembalikan arah untuk saham SMRA. Sehingga untuk jangka menengah seharusnya SMRA masih akan melanjutkan trend bullishnya, jangka pendek rawan koreksi sebelum melanjutkan pengutannya kembali.

Namun Anda tidak usah khawatir karena koreksi hanya bersifat sementara saja, arah trend masih naik, apalagi pihak manajemen SMRA juga optimis tahun ini dapat mencatatkan penjualan yang bertumbuh, terutama dengan proyek SMRA di Makasar yang juga akan memperkuat bisnis perusahaan.

Meskipun berpotensi menguat dalam jangka menengah, saat ini kami belum merekomendasikan untuk membeli saham SMRA kembali dan lebih cenderung wait and see sambil menunggu momen yang tepat untuk masuk kembali.

Disclosure: Kami merekomendasikan saham SMRA pada tanggal 4 Januari 2019 di harga 845 – 870 dan telah dijual dengan keuntungan sebesar 12% sampai 15%.

 

 

 

SOCI

 

Secara teknikal saham SOCI saat ini baru saja breakout dari resisten 142 diiringi dengan lonjakan volume yang signifikan, SOCI berpotensi memasuki fase partisipasi atau memasuki bullish trend.

Secara teknikal kami melihat saham ini mulai menarik semenjak harga berhasil keluar dari masa konsolidasi atau sideways nya ketika harga menembus resisten di level 142.

Namun kita tetap perlu waspada akan risiko yang berpotensi membesar dan mulailah memperketat money management Anda karena baru – baru ini Fitch Ratings telah menurunkan peringkat utang SOCI dari B+ menjadi B.

Meskipun secara teknikal menarik saat ini kami belum merekomendasikan saham SOCI dan lebih cenderung wait and see sambil menunggu momen yang tepat untuk masuk kembali.

Disclosure: Kami merekomendasikan saham SOCI pada tanggal 8 Januari 2019 di harga 142-146 dan sudah dijual dengan keuntungan sebesar 15% sampai 18%.

 

 

MGRO

Secara teknikal saat ini saham MGRO masih berada dalam trend bullish. Meskipun sempat melemah, MGRO terkoreksi normal dan mulai tertahan di MA 20, Anda tidak perlu khawatir pasalnya pelemahan ini hanya bersifat koreksi sementara dan masih berpotensi melanjutkan penguatan hingga level 1125, selama harga belum menunjukkan tanda – tanda pembalikan arah trend.

Buy di area 975 – 995 Target swing trader 1125. Waspada jika harga turun <975. Sell jika harga turun ke 925 atau mencapai target.

Disclosure: Saham MGRO memberikan keuntungan terbesar pertama di awal tahun ini, yaitu sebesar 67% samapai 69%. Saham MGRO sendiri kami rekomendasikan pada tanggal 22 November 2018 di level 565-580, yang mana pada saat itu secara valuasi harga saham MGRO masih tidak semahal seperti sekarang.

 

Join PremiumAccess.id bulan Januari dan dapatkan bonus free 1 bulan gratis dengan cara daftar ke www.premiumaccess.id .Contact us at : www.premiumaccess.id/whatsapp

 

Salam profit!

Ellen May Institute