Tips Membuat Trading Plan Dalam Trading Saham

Dalam episode sebelumnya saya sempat menjelaskan pentingnya perencanaan trading atau trading plan untuk menjadi trader yang sukses. Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat perencanaan trading untuk trading saham.

Seperti yang kita tahu, perencanaan trading memuat informasi yang penting untuk trading saham. Informasinya antara lain adalah di harga berapa Anda akan membeli saham, kapan Anda menjual saham tersebut untuk profit taking, dan di harga berapa Anda akan batasi risiko.

Lalu bagaimana langkah-langkah untuk membuat perencanaan trading saham? Anda bisa pelajari selengkapnya di video dibawah ini

Komponen minimal yang harus ada dalam perencanaan trading saham antara lain:

1. Level Beli

Level beli merupakan komponen yang terpenting dalam trading plan. Dengan memiliki level beli, kita bisa lebih disiplin untuk tidak mengejar harga saham yang sudah naik.

Selain itu, membeli di level buy akan meminimalkan resiko Anda dan memperbesar rewardnya.

2. Target

Setelah kita membeli saham, tentunya kita punyat target sampai harga berapa saham ini bisa naik. Dan level ini bisa menjadi level keluar (jual) untuk merealisasikan keuntungan. Dengan merealisasikan keuntungan maka secara otomatis kita sedang melindungi keuntungan dan mencegah agar tidak jadi rugi.

Menentukan target dalam analisa teknikal, biasanya diambil dari level resisten (atap).

3. Pembatasan Resiko

Sebagai seorang trader sukses harus memiliki level pembatasan resiko. Setiap orang memiliki level pembatasan resiko yang berbeda-beda. Anda harus menentukan, seberapa besar kerugian yang Anda bisa tanggung untuk setiap sahamnya.

Dan jika harga saham bergerak turun dibawah level buy kita dan sudah mencapai level kerugian maksimal yang bisa kita terima, maka sebaiknya kita jual saja. Pembatasan resiko juga dapat berarti Anda melindungi modal Anda agar tidak rugi lebih banyak lagi.

 

Nah sebelum Anda masing-masing membuat perencanaan trading, berikut 2 tips dari saya :

1. Pahami siklus pasar sebelum trading saham

Apa itu siklus pasar? Di dalam pasar saham, terdapat beberapa siklus yang dibagi sesuai dengan jangka waktu kejadiannya, seperti siklus tahunan, siklus lima tahun, siklus sepuluh tahun, dan sebagainya. Informasi tentang siklus dapat Anda manfaatkan sebagai timing untuk trading saham.

Bagaimana caranya mengetahui siklus pasar?

Anda bisa menggunakan analisis teknikal untuk memahami pola grafik, yang nantinya akan menunjukkan pola-pola yang sama dalam siklus tertentu. Yang lebih penting, analisis teknikal juga dipakai untuk menentukan tingkat support dan resistance yang jadi acuan titik beli atau jual saham Anda di perencanaan trading.

2. Gunakan kedua strategi ini untuk trading saham

Ada dua strategi yang bisa Anda pakai dalam trading plan, yang pertama adalah membeli ketika harga saham sudah jatuh ke bawah dan akan memantul naik, atau disebut juga Buy on Weakness. Yang kedua adalah membeli ketika harga saham sedang naik dan akan melanjutkan trend naiknya atau Buy on Breakout. Kedua strategi ini juga adalah strategi yang saya gunakan dalam trading sehari-hari, dan yang dipraktekkan oleh para alumni workshop Super Performance Traders.

 

Saya ingin pelajari strateginya, bagaimana caranya?

Untuk trader pemula, disarankan untuk belajar melalui buku Smart Traders Not Gamblers dulu, selain bahasanya yang mudah dipahami oleh semua kalangan, buku tersebut juga memuat banyak pengetahuan yang penting sekali untuk memulai perjalanan jadi trader yang sukses. Dapatkan buku tersebut di https://www.ellen-may.com/v3/products/

Selain dari buku itu, Anda juga bisa belajar disertai bimbingan saya dalam layanan Premium Access.

 

Apa itu Premium Access?

Premium Access adalah layanan yang diciptakan khusus untuk membantu pembelajaran para trader untuk menjadi trader yang berhasil. Dalam layanan ini, saya akan memberikan bimbingan intensif setiap hari supaya Anda semakin lancar dan mandiri dalam trading.

Bimbingan ini antara lain berisi pandangan mengenai arah pergerakan bursa saham, sampai dengan bimbingan cara membeli saham, cara menjual saham untuk profit taking, dan bagaimana Anda batasi risiko, bahkan Anda juga bisa tahu kapan saya melakukan pembatasan risiko.

Untuk tahu lebih banyak tentang Premium Access, kunjungi bit.ly/daftarpremiumaccess

Trading plan yang terbaik sebenarnya adalah trading plan yang Anda buat sendiri. Karena itu penting sekali untuk berani mencoba dan berani “berbuat salah”, sehingga Anda belajar!

Semakin sering Anda membuat trading plan, maka Anda akan semakin percaya diri. Sambil Anda mengawali perjalanan Anda, saya akan temani Anda sampai bisa mandiri.

Setelah menyaksikan video dan membaca artikel ini, apakah manfaat yang Anda dapatkan?

Tahukah Anda, penelitian membuktikan bahwa setelah belajar, seseorang perlu membagikan ilmunya itu untuk bisa menguasainya.

Learn

Practice

Share

Repeat

Berikan komentar positif tentang apa manfaat video ini bagi Anda, di kolom komentar yang terletak di bawah artikel ini. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman atau keluarga Anda agar mereka juga ikut belajar!

We make money, we change lives!

Please follow and like us:

1 Comment. Leave new

… [Trackback]

[…] Find More on|Find More|Read More Informations here|There you can find 96813 additional Informations|Informations on that Topic: ellen-may.com/v3/tips-membuat-trading-plan/ […]

 

Please follow and like us: