Strategi Investasi Ala Warren Buffet

101572798-warren-buffett-illustration-1910x1000

Siapa yang tak kenal dengan Warren Buffet ? Seorang investor saham yang terkenal di dunia karena kesuksesannya sebagai seorang value investor.

Warren Buffet mengakui jika beliau adalah 85% Benjamin Graham, dan 15%-nya lagi Philip Fisher. Apa maksudnya ya ?

Maksudnya ialah, dari Benjamin Graham beliau belajar mengenai strategi value investing dan juga menggabungkannya dengan strategi growth investing dari Philip Fisher.

Kedua strategi tersebut telah terbukti mampu mengantarkan Warren Buffet mencapai kesuksesannya hingga saat ini…

Tak masalah jika Anda adalah seorang trader, Anda tetap bisa melirik strategi value investing ala Warren Buffet ini juga. Kenapa ? Karena dengan strategi ini Anda bisa melipatgandakan asset Anda lho…

Bagaimana caranya ?

Makanya yuk cari tahu tahu bagaimana strategi value investing itu… Simak pembahasan berikut ini ya !

 

Apa itu Value Investing ?

Value investing adalah metode investasi dengan membeli suatu saham dari emiten yang dinilai “murah”, di mana saham tersebut diperdagangkan lebih rendah dari nilai wajarnya.

Value stock bisa ditemukan di perusahaan besar (blue chips) ataupun perusahaan-perusahaan kecil yang belum mencolok.

 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Membeli Value Stocks ?

Value stocks biasanya kita dapati saat pasar sedang crash besar atau terkoreksi besar-besaran, atau saat pasar sedang terkoreksi dalam berita tertentu. Misalnya saat pasar terguncang, dan terjadi panic selling.

Beberapa hal yang mengakibatkan guncangan pasar misalnya kerusuhan, krisis ekonomi dunia dll. Namun walaupun begitu, secara fundamental perusahaan masih sehat, jadi yang menyebabkan turunnya harga saham adalah faktor eksternal.

Pada perusahaan tidak terkenal, biasanya perusahaan ini adalah perusahaan kecil  yang terlewatkan oleh investor.

Perusahaan kecil yang layak untuk value investing ini biasanya juga tidak terlalu aktif di perdagangkan.

 

Bagaimana Caranya Mencari Value Stock ?

Untuk mencari Value Stock, carilah saham yang memilki rasio PER (Price Earning Ratio) yang lebih kecil dari perusahaan sejenis dalam sektor industri yang sama. Misalnya rata-rata PER industri X adalah 18, tapi suatu saham memiliki PER di bawah angka tersebut maka perusahaan tersebut boleh dilirik.

Sedangkan untuk rasio PEG (Price to Earning-growth) sebaiknya kurang dari 1. Jika rasio PEG kurang dari satu, biasanya saham tersebut termasuk “murah” atau undervalued.

Namun baiknya carilah perusahaan yang tidak cuma murah tapi juga sehat. Hal ini bisa dilihat dari rasio utang terhadap modal (DER). Rasio DER (Debt to Equity) sebaiknya kurang dari 1. Disarankan kurang dari 1, yang artinya hutang lebih kecil daripada modal.

Saham yang undervalued umumnya adalah saham yang berfundamental baik, namun sedang tetekan. Nah jika Anda kesulitan mencari saham-saham kecil yang undervalue, sebaiknya pilih saham-saham blue chips yang terdiskon.

Memilih perusahaan-perusahaan besar resikonya lebih kecil karena perusahaan-perusahaan tersebut sudah mapan dan risiko collapsnnya kecil. Namun biasanya perusahaan-perusahaan yang sudah mapan tersebut PER nya tinggi, kecuali jika terjadi penurunan tajam harga saham.

Masalahnya… crash terjadi hanya selama beberapa tahun sekali. Value investor harus sabar menunggu timing beli. Warren Buffett mengatakan, siapkan cash / dana supaya ketika masa crash itu datang, Anda dapat memborong saham-saham murah tersebut.

Tapi bagaimana jika Anda ragu ? Apakah saham ini murah atau tidak secara valuasi ?

“When in doubt, don’t.” Demikian kata Warren Buffett. Ketika ragu sebaiknya jangan mengambil keputusan.

 

Tips Bagi Trader untuk Menggunakan Strategi Value Investing

Tantangan utama Value Investing adalah kesabaran. Ketika harga saham mulai naik orang akan tergoda untuk segera menjualnya.

Bagi seorang trader akan agak sulit untuk melakukan investasi karena mindset yang tercampur-campur. Solusinya ialah, Anda dapat memisahkan akun dan banyaklah latihan untuk disiplin.

Yuk segera take action supaya langsung kerasa manfaatnya. Semoga bermanfaat dan…

salam profit !

 

PS : Dapatkan rekomendasi saham premium, intensif secara realtime, lengkap dengan video-video edukasi berkualitas dan webinar. Daftarkan diri Anda sebagai member Premium Access di bit.ly/daftarpremiumaccess

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign up to our newsletter!