Mengatur Uang Sedari Muda, Mapan di Masa Nanti Hingga Tua

What would you do if you won the lottery? Portrait of a very happy young man in a rain of money; Shutterstock ID 148789697; PO: lottery-winner-money-stock-today-tease-160108; Client: TODAY Digital

Banyak anak muda yang berpikir, sebaiknya nanti saja deh belajar mengatur keuangan, setelah saya dewasa dan mapan…

Kenyataannya ? Ternyata hal itu salah besar lho..

Gimana mau pintar mengatur keuangan nanti, kalau Anda tidak mulai dari sekarang. Keahlian mengelola keuangan itu bukan didapat otomatis begitu saja ketika umur Anda bertambah.

Supaya bisa mengelola keuangan dengan baik maka Anda perlu latihan. Kapan waktu terbaiknya ? Sedini mungkin ! Semakin bagus jika dilakukan saat Anda masih muda.

Bagaimana caranya ? Bisakah merencanakan financial freedom sejak muda ? Pastinya bisa ! Yuk simak tipsnya…

 

Langkah Awal

Hal pertama yang harus kita pelajari untuk mengatur keuangan adalah belajar mengendalikan diri. Lho, mengapa demikian ?

Karena semakin dini kita belajar mengendalikan diri dan menunda kesenangan, maka akan semakin mudah kita mencapai financial freedom.

Sebagai contoh, saat ini Anda bisa membeli apa pun dengan kredit secara mudah bukan ? Namun, apakah Anda rela membayar bunga hutang hanya untuk membeli suatu barang bermerek?

Mengutip kalimat dari Warren Buffett, “If you buy things you do not need, soon you will sell things you need.” Artinya, jika Anda membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan, maka nantinya Anda justru akan menjual barang-barang penting yang sudah Anda miliki sebelumnya untuk mengcover hutang ataupun untuk memenuhi kebutuhan Anda nantinya.

Dan jika Anda punya kebiasaan membeli segala sesuatu dengan hutang, maka bisa-bisa Anda terjebak hutang dalam waktu yang lama. Maka dari itu sebisa mungkin, sebaiknya Anda menghindari berhutang untuk suatu barang yang tidak terlalu penting ya…

 

Take Control of Your Own Financial Future

Mengatur keuangan itu sederhana, Anda tidak perlu sampai menjadi seorang financial planner. Understanding how money works is the first step toward making your money work for you.

Bagaimana supaya tahu cara kerja uang ? Caranya sederhana, namun butuh kedisiplinan, yaitu  budgeting ! Apa itu budgeting ?

Budgeting adalah cara mengalokasikan uang Anda ke pos-pos pengeluaran, agar pengeluaran Anda tidak besar pasak daripada tiang.

Pada awalnya mungkin Anda akan malas sekali rasanya melakukan budgeting, merinci rencana pengeluaran, dan sebagainya. Kadang karena malas melakukan budgeting itulah, kita bersikap seakan, ya sudahlah, apa yang terjadi terjadilah, yang penting saya sudah “berusaha” untuk hemat…

Tanpa melakukan budgeting, Anda tidak akan mempunyai tujuan yang jelas seberapa harus berhemat dan seberapa Anda bisa bersenang-senang.

Jangan lupa, dalam rencana budgeting Anda, sekecil apa pun pendapatan Anda, sisihkan sebagian untuk dana darurat setiap bulan.

 

Lakukan Investasi !

Selain memiliki dana darurat, penting juga bagi Anda untuk waspada dengan inflasi. Menghadapi inflasi jangan hanya dengan menabung, namun sisihkan juga sebagian untuk investasi ya…

Carilah instrumen investasi yang bisa memberi imbal hasil di atas inflasi, misalnya reksadana dan saham.

Jangan lupa, siapkan juga rencana atau dana untuk pensiun. Semakin dini Anda menyiapkan hal ini, semakin bagus. Mengapa ?

Karena semakin dini Anda menyiapkan dana pensiun, maka kekuatan compound interest akan membuat uang Anda semakin berlipat. Investasi saham adalah instrumen investasi yang memungkinkan Anda mendapatkan kekuatan compound interest dalam jangka panjang.

Untuk investasi jangka panjang dan persiapan pesiun, jangan spekulasi pada saham-saham growing, namun pilih perusahaan-perusahaan yang sudah mapan. Pilih perusahaan-perusahaan besar dan sehat, yang produknya defensif, untuk investasi saham jangka panjang.

Jangka panjang di sini artinya benar-benar panjang, jika perlu jangan cairkan sampai masa pensiun tiba, nikmati devidennya.

Bagaimana jika saya adalah seorang trader ?

Jika Anda adalah seorang trader (saham ataupun forex) , sebaiknya tetap punya investasi saham jangka panjang. Investasi saham punya tujuan berbeda dari trading. Trading adalah bisnis, untuk mendapat penghasilan, sedangkan investasi tujuannya adalah untuk pelipatgandaan aset jangka panjang.

Dengan bijak mengelola keuangan pribadi, maka akan membuat Anda juga bijak dalam mengatur portofolio saham juga.

 

Jagalah kesehatan Anda.

Anda mungkin bingung, apa hubungannya kesehatan dengan mengelola keuangan ya …

Anda harus menjaga kesehatan Anda, karena biaya untuk pengobatan atau biaya kesehatan seringkali menjadi biaya yang besar dan tak terduga. Maka dari itu hematlah uang Anda dengan menjalani pola hidup sehat.

Jika Anda punya sisa uang berlebih setiap bulan, alangkah baiknya apabila Anda membeli produk asuransi jiwa dan kesehatan.

Ingat, asuransi itu tujuannya bukan untuk investasi, namun untuk proteksi, sehingga jika suatu saat dibutuhkan Anda tidak perlu keluar banyak uang.

Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian, merupakan ungkapan yang tepat untuk menggambarkan  prinsip mengatur keuangan…

Dengan cara-cara yang sederhana Anda bisa mewujudkan financial freedom Anda, syaratnya tentu saja harus disiplin ya..

Salam profit !

 

Simak ulasan tentang saham-saham yang potensial untuk long term investing, yang bagus secara fundamental, dan murah secara valuasi, serta ulasan / review kinerja emiten kuartal 3. Pastikan Anda mendapatkan info tentang saham-saham termurah dan terbaik untuk long term investing di Monthly Premium Insight November 2016. Segera daftar di bit.ly/daftarpremiumaccess

No comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sign up to our newsletter!