[Kopisore 3 Agustus 2017] Akuisisi Star Energy, Apa Dampaknya Bagi BRPT?

Setelah kemarin sempat melakukan stock split untuk memperbesar liquiditas sahamnya, kali ini BRPT akan kembali melakukan aksi korporasi berupa akuisisi, untuk menjadi pengendali di Star Energy. Apa alasan BRPT melakukan hal itu? Apakah efeknya akan meningkatkan kualitas kinerja BRPT? Simak pembahasannya, hanya di #Kopisore hari ini.

Tapi sebelum itu, mari kita simak review market sore ini.

IHSG hari ini ditutup melemah cukup signifikan, dengan pelemahan sebesar -0,74% di level 5.780,58. Sementara itu, aktivitas asing hari ini melakukan aksi net sell sebesar Rp305 miliar.

Setelah kemarin sempat diberitakan akan mengakuisisi Star Energy, BRPT ternyata harus tertahan. Hal ini lantaran BCPG Public Company Ltd telah membeli star energy terlebih dahulu sebesar 33,33%.

Rencana akuisisi perusahaan pun tertunda, dikarenakan perseroan harus melakukan akuisisi sebesar 66,67% dengan perkiraan dana sebesar US$715,11 juta untuk bisa menjadi pengendali di Star Energy.

Sebenarnya apa sih hal yang membuat BRPT sebegitu inginnya untuk mengakuisisi Star Energy?

Star Energy yang bergerak di bidang energy akan membuat BRPT mampu melakukan diversifikasi lini usaha, dengan diversifikasi ke sektor energy dan akan membuat BRPT mampu bekerjasama dengan PLN untuk satu tahun ke depan.

Dengan masuknya Star Energy  Group Holdings Pte Ltd (SEGHL) ke Barito Pacific dan melebur jadi satu, sumber pendapatan ke perseroan menjadi lebih beragam, yakni dari sektor pembangkit listrik panas bumi dan petrokimia.

Dengan nilai kapitalisasi mencapai Rp19,5 triliun, apabila akuisisi ini berjalan lancar, maka akan membuat nilai kapitalisasi BRPT menjadi sekitar Rp45 triliun.

Performa profitability BRPT yang meningkat tajam berkat anak usahanya TPIA, membuat BRPT akan bisa menyelesaikan akuisisi ini paling lambat pada awal tahun 2018 mendatang.

Hingga saat ini, BRPT telah menguat sebesar 24% sejak direkomendasikan pada premium access 17 Juli kemarin dengan range beli dikisaran 1500-1550.

Lalu, bagaimanakah key action strategy untuk saham BRPT ini? Dapatkan kuncinya, di bit.ly/premiumaccess

Salam profit,
Ellen May

Anda ingin dapat ulasan saham berkualitas seperti ini setiap hari? Subscribe di bit.ly/kopipagisore
Please follow and like us:

 

Please follow and like us: