[Kopipagi 16 Juni 2017] The Fed Naikkan Suku Bunga, What’s Next?

Fundamental Technical Alignment (FTA) hari ini, saya membahas saham ADMG dan BJTM.

Sementara itu, dalam Hot List hari ini, saya juga bahas mengenai beberapa pandangan saya terhadap The Fed dan juga bagaimana perekonomian Indonesia saat ini. Jangan lewatkan juga acara gathering “Award Night & BukBer” yang akan diadakan besok, sekaligus kesempatan untuk membahas market kedepannya. Simak selengkapnya di Daily Hot List dan FTA hari ini hanya di bit.ly/premiumaccess

Pada pertengahan tahun ini, The Fed menaikkan suku bunga acuannya untuk ketiga kali selama setahun terakhir. Ini merupakan kenaikkan suku bunga terbanyak dalam sejarah Amerika. Seperti apakah efeknya? Bagaimana respon BI terhadap kenaikan suku bunga tersebut? Simak ulasannya, hanya di #Kopipagi hari ini

Review IHSG 15 Juni 2017

IHSG pada perdagangan terakhir ditutup melemah 0,29% di level 5,776.28. Pelemahan ini dipicu sentimen kenaikan suku bunga The Fed yang baru saja terjadi kemarin. Selain itu, Dow Jones pada perdagangan pagi tadi ditutup -0,07% ke level 21,359.90, lain halnya dengan EIDO yang justru menguat tipis 0,11% ke level 27,36.

Kopipagi 16 juni 2017

The Federal Reserve atau bank sentral Amerika Serikat (AS) akhirnya menaikkan suku bunga acuannya, menjawab perkiraan banyak bank sentral negara-negara di dunia. Ini merupakan keempat kalinya sejak Desember 2015 lalu.

Pada pukul 1 dini hari tadi, The Fed telah resmi menaikkan suku bunga Amerika dari 1,00%, naik 25 bps menjadi 1,25%.

Kenaikan suku bunga ini dilakukan The Fed, terutama terkait kondisi ekonomi serta rilis data ekonomi seperti tenaga kerja, NFP dan GDP yang terus menunjukkan pertumbuhan.

Namun meskipun begitu, ternyata angka inflasi di Amerika masih belum mengalami kenaikan seperti yang diinginkan oleh The Fed.

Tingkat inflasi Amerika untuk tahun ini direvisi turun menjadi 1,6 persen dari perkiraan sebelumnya sebesar 1,9 persen pada Maret. Meskipun inflasi masih lemah, bank sentral terus melihat perbaikan ekonomi dan memutuskan untuk menaikkan suku bunga.

Dengan adanya kenaikan bunga tersebut, ini artinya The Fed telah menaikkan suku bunga sebanyak 3 kali untuk tahun ini. Sementara itu, The Fed memperkirakan masih akan melakukan kenaikan suku bunga 1 kali lagi untuk tahun ini dan 3 kali lagi untuk tahun depan.

Terkait rencana tersebut, ada 2 hal penting yang akan dilakukan The Fed:

1. The Fed berencana untuk mereduksi neraca keuangan Amerika hingga US$4,5 triliun
2. The Fed akan mengurangi portofolio obligasi senilai US$4,2 triliun di pasar global

Kedua rencana tersebut dilakukan untuk meningkatkan kondisi perekonomian serta mengurangi jumlah hutang Amerika yang hingga kini berjumlah lebih dari US$19,8 triliun.

Hal ini mengingat kebutuhan The Fed akan kondisi perekonomian yang terus meningkat, untuk terus mempertahankan rencananya melakukan kenaikan suku bunga.

Merespon hal itu, BI menyampaikan masih tidak akan melakukan perubahan terhadap BI 7-Days Repo Rate yang diperkirakan masih akan cenderung stabil hingga akhir tahun ini, mengingat inflasi serta pertumbuhan ekonomi yang masih stabil.

Efek kenaikan The Fed ini sendiri tentunya memberikan tekanan terhadap IHSG, khususnya saham-saham penggerak IHSG (LQ45) seperti BBRI dan BBCA yang bergerak cenderung melemah kemarin.

Meskipun begitu, dampak dari kenaikan suku bunga ini tidak terlihat bagi saham-saham perbankan di second liner seperti AGRS yang justru mengalami kenaikan cukup tajam kemarin.

Ingin tahu apa saja saham-saham yang berpotensi menguat untuk hari ini?

Temukan jawabannya dalam Monthly dan Daily Hot list yang berisi berbagai macam saham ajaib dari second liner, lengkap dengan key action strategy yang bisa Anda lakukan. Dapatkan segera analisanya, hanya di bit.ly/premiumaccess .
Salam profit,
Ellen May
PS : BESOK! Hadiri “Exclusive Premium Access Gathering Award Night + Buka Bersama”
Pada 17 Juni 2017 di Chatter Box Plaza Senayan, jam 17:30.

Ms Ellen akan membagikan hal yang baru tentang investasi saham dan financial management.

Berhubung tempat sangat terbatas, segera daftar sekarang ya.
Segera meluncur ke bit.ly/joinpremiumaccess
Anda bisa juga hubungi Client Relations Officer kami di 0823-2722-9009 dengan Erik.
Anda ingin dapat ulasan saham berkualitas seperti ini setiap hari? Subscribe di bit.ly/kopipagisore
Please follow and like us:

You might also like More from author

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.

 

Please follow and like us: