[Kopipagi 15 Juni 2017] Harga Batubara Masih Terus Menguat, Bagaimana Potensinya?

Fundamental Technical Alignment (FTA) hari ini membahas saham ITMG dan PTBA.

Selain itu, dalam Hot List kali ini terdapat beberapa informasi penting yang harus Anda ketahui terkait sektor perbankan, poultry dan keputusan The Fed hari ini. Seperti apakah informasinya? Simak selengkapnya di Daily Hot List dan FTA hari ini hanya di bit.ly/premiumaccess

Jangan lewatkan juga member gathering yang akan diadakan pada 17 Juni nanti, dan simak peluang dari saham perbankan serta kesempatan berbincang langsung dengan Ellen May, dalam acara “Award Night & BukBer”.

Sentimen positif tak henti-hentinya mendukung sektor mining di Indonesia. Kali ini, sentimen dari China kembali mewarnai harga batubara dunia dan membawa fluktuasi untuk saham di sektor mining tersebut. Seperti apakah sentimennya? Simak selengkapnya, hanya di #Kopipagi hari ini.

Review IHSG 14 Juni 2017

Pada perdagangan 14 Juni, IHSG sempat alami lonjakan hingga 1,49% di level 5,792.90. Hal ini terutama terkait sentimen keputusan suku bunga The Fed, dan juga harga komoditas batubara yang masih terus mengalami kenaikan. Sementara itu, pada pagi ini Dow Jones di tutup dizona hijau dengan penguatan sebesar 0,22% ke level 21,374.56, diikuti dengan pergerakan EIDO yang turut menguat hingga 1,15% ke level 27,33.

Kopipagi 15 Juni 2017

Harga batubara saat ini kembali memanas, hal ini terutama diakibatkan oleh China yang terus mengurangi pasokan batubaranya.

Hingga Mei 2017, China mengalami penurunan output batubara terendah sejak 3 bulan terakhir. Produksi batubara China pada Mei 2017 hanya sebesar 9,6jt ton/hari atau turun -2,2% MoM, yang diakibatkan oleh ditutupnya beberapa pertambangan batubara China akibat faktor keamanan.

Sepanjang bulan Juni ini, harga batubara mengalami reli signifikan setelah ditutup di posisi US$73,15 per ton pada 31 Mei 2017 kemarin, meningkat 3,88% secara YoY di level US$76,65 per ton

Kenaikan harga batubara ini terutama diakibatkan oleh terlambatnya pengiriman pasokan dari Australia akibat badai siklon yang memaksa China untuk menaikkan level impor batubaranya hingga 13%.

Selain itu, baru-baru ini pemerintah China kembali memperketat pemeriksaan keamanan para penambang seperti di provinsi Shanxi dengan menaikkan standar kenaikan di tambang tersebut.

Hal ini terutama akibat tingginya tingkat kecelakaan dan kematian kerja di sekitar area tersebut, sehingga China terpaksa menutup pertambangan batubara itu.

Sebagai informasi, Provinsi Shanxi merupakan salah satu wilayah penghasil batu hitam utama dan terbesar di China dengan produksi yang mencapai angka 738,22 juta ton.

Selain itu, hingga kuartal I 2017 ini, China telah melakukan pemotongan produksi batubara hingga 150 juta ton. Seiring jumlah produksi batubara yang terus menurun, permintaan batubara di China justru terus meningkat.

Hal ini terutama akibat 6 pembangkit listrik tenaga batubara terbesar di China yang terus meningkatkan konsumsinya saat ini.

Hal-hal tersebut tentunya memberikan sentimen positif untuk saham-saham di sektor batubara seperti ITMG, ADRO dan PTBA, yang tentunya akan menyebabkan harga saham-saham tersebut masih berpotensi untuk terus meningkat.

Lalu, bagaimanakah key action strategynya? Temukan jawabannya dalam Monthly dan Daily Hot list yang berisi berbagai macam saham ajaib dari second liner, lengkap dengan key action strategy yang bisa Anda lakukan. Dapatkan segera analisanya, hanya di bit.ly/premiumaccess

Salam profit,

Ellen May

 
PS : Tahukah Anda, seorang dokter yang bernama Ibu Mian bisa menghasilkan keuntungan dalam seminggu sehingga bisa sama dengan penghasilannya sebulan sebagai dokter dari hasil trading saham.

Seorang ibu rumah tangga bernama Ibu Eli bisa membawa sekeluarganya umroh berlima dengan hasil trading sahamnya.

Anda penasaran dan ingin jadi seperti mereka?

Hadiri “Exclusive Premium Access Gathering Award Night + Buka Bersama” [Exclusive for Member]
Pada 17 Juni 2017 di Chatter Box Plaza Senayan, jam 17:30.

Ms Ellen akan membagikan hal yang baru tentang investasi saham dan financial management.

Berhubung tempat sangat terbatas, segera daftar sekarang ya.

Segera meluncur ke bit.ly/joinpremiumaccess
Anda bisa juga hubungi Client Relations Officer kami di 0823-2722-9009 dengan Erik.

Please follow and like us:

 

Please follow and like us: