[Kopipagi 13 Juni 2017] Sentimen Global, Mulai dari Amerika, Inggris dan Qatar

Fundamental dan Technical Alignment (FTA) hari ini membahas saham GIAA dan EXCL.

Lalu, dalam Hot List hari ini saya juga bahas mengenai saham JPFA yang kemarin mulai mengalami kenaikan jumlah transaksi. Memasuki hari ke-18 bulan puasa ini, seperti apakah peluang trading di masa bulan puasa ini? Simak selengkapnya di Daily Hot List dan FTA hari ini hanya di bit.ly/premiumaccess

Beberapa pekan kemarin, perhatian investor dunia sempat teralihkan oleh beberapa konflik yang sedang terjadi di global saat ini. Konflik apa sajakah itu? Simak selengkapnya, hanya di #Kopipagi hari ini.

Review Kopisore 12 Juni 2017

IHSG terakhir bergerak menguat 0,28% di level 5,691.44. Penguatan ini salah satunya terjadi akibat aksi net buy asing sebesar Rp617,72 miliar, yang sebelumnya terus membukukan aksi net sell selama 10 hari berturut-turut. Sementara itu, Dow Jones pada perdagangan pagi ini ditutup melemah -0,17% ke level 21,235.67, berlawanan dengan EIDO yang justru menguat hingga 0,64% ke level 26,83.

Kopipagi 13 Juni 2017

Beberapa hari ini, pergerakan IHSG masih mixed dan cenderung terkonsolidasi. Hal ini tidak hanya diakibatkan oleh minimnya sentimen dari domestik, akan tetapi juga beberapa situasi geopolitik yang tengah menyita perhatian para investor global saat ini.

Ada 3 situasi geopolitik global yang masih menjadi topik hangat perbincangan. antara lain pemilu Inggris, sidang mantan direktur FBI James Comey, dan pemangkasan peringkat Qatar.

1. Usai Pemilu Inggris Tahap I, nilai tukar Poundsterling turun

Pada 8 Juni kemarin, Inggris telah mengadakan pemilu dan hal ini akan berpengaruh terhadap ‘Brexit’. Pemilu ini harusnya baru dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang, namun perdana mentri Inggris Theresa May justru menyelenggarakannya 3 tahun lebih awal dari rencana seharusnya.

Alasan lebih dininya Pemilu tersebut, adalah keyakinan May bahwa partainya (konservatif) akan mengalami kemenangan mutlak, berkat pemulihan yang terjadi di Eropa saat ini. Dari hasil pemilu tersebut, ternyata Partai Konservatif hanya memperoleh 310 kursi sementara jumlah kursi yang dibutuhkan untuk memperoleh suara mayoritas sebanyak 326 dari 650 kursi, dengan sisanya malah dikuasai partai buruh.

Hasil pemilu tersebut, Theresa May terancam mundur dari jabatannya, dan proses Brexit selanjutnya kembali mengambang.

2. Sidang mantan Direktur FBI James Comey

Kesaksian James Comey pada sidang 8 Juni kemarin kembali menuai kontroversi. James Comey mengatakan, Pemerintahan Presiden Donald Trump telah menyebarkan kebohongan, serta mencemarkan nama baik dia, dan juga FBI.

Pemecatan yang dilakukan Trump diduga dilakukan untuk menutupi hubungan Trump dengan Rusia yang yang diduga turut membantu kemenangan Trump dalam Pemilu kemarin.

3. Dikucilkan, S&P pangkas peringkat Qatar

Lembaga Pemeringkat Internasional Standard and Poor’s (S&P) menurunkan peringkat utang Qatar menjadi AA- dari AA. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi Qatar terancam tertekan akibat pemutusan hubungan diplomatik yang dilakukan sejumlah negara Arab, seperti Arab Saudi, Bahrain, Mesir Libya dan Yaman.

Lalu, seperti apakah efek dari ke-3 konflik global tersebut?

Ketidakpastian dari situasi-situasi ini tentunya akan mempengaruhi tindak laku pelaku pasar. Para pelaku pasar lebih memilih untuk menginvestasikan uangnya di safe haven dibandingkan instrumen investasi lainnya.

Hal ini juga pastinya akan menyebabkan berkurangnya dana asing yang masuk, sehingga menyebabkan berkurangnya tenaga penggerak IHSG.

Dan hal ini juga menjadi salah satu faktor IHSG bergerak sideways selama beberapa pekan terakhir. Lalu, bagaimana pergerakan IHSG pada pagi ini? Akankah kembali rebound seperti kemarin?

Temukan jawabannya dalam Monthly dan Daily Hot list yang berisi berbagai macam saham ajaib dari second liner, lengkap dengan key action strategy yang bisa Anda lakukan. Dapatkan segera analisanya, hanya di bit.ly/premiumaccess

Salam profit,

Ellen May

 

PS : NEW! PREMIUM ACCESS GOLD MEMBERSHIP dirilis sebentar lagi! Bersiap diri untuk daftar/perpanjang bit.ly/joinpremiumaccess supaya Anda bisa nikmati berbagai fitur PremAcc Gold yang sudah pernah Anda nikmati seperti Monthly Exclusive Insight, Exclusive Gathering, Webinar dan berbagai layanan PremAcc GOLD terbaru seperti Morning Briefing layanan Webinar 2 arah Live setiap pagi, tanya jawab lewat melalui platform. Apa saja layanan PremAcc Gold selengkapnya? Sabar ya… 🙂 Nantikan info selengkapnya.

 

Anda ingin dapat ulasan saham berkualitas seperti ini setiap hari? Subscribe di bit.ly/kopipagisore

Please follow and like us:

 

Please follow and like us: