Pernah mendengar Lehman Brothers? Atau peristiwa krisis ekonomi global di tahun 2008? Di dunia ekonomi, krisis global tahun 2008 telah menjadi salah satu peristiwa terpenting dalam sejarah krna jatuhnya Lehman Brothers. Bank investasi raksasa Lehman Brothers telah menjadi korban dari krisis kredit macet di Amerika Serikat di tahun 2008. Lehman Brothers adalah sebuah bank investasi yang usianya lebih dari 158 tahun dan merupakan bank investasi terbesar ke-empat di AS. Lehman Brothers menjadi bank terkuat di Wall Street dan seluruh perusahaan keuangan berhubungan dengan Lehman Brothers. Lehman Brothers berkembang pesat menjadi salah satu bank raksasa dalam dunia keuangan AS maupun global. Lalu sebenarnya apa yang menyebabkan Lehman Brothers ini mengalami pailit atau bangkrut di tahun 2008?

Perusahaan Lehman Brothers mengalami kolaps dikarenakan manajemen perusahaan/kondisi internal perusahaan. Kondisi internal Lehman Brothers menjadi kacau karena adanya dua kubu yang saling berbada pandangan. Dua kubu dalam Lehman Brothers yang memiliki pandangan berbeda telah menimbulkan pertentangan di dalam manajemen. Dua kubu dalam Lehman Brothers yang menyebabkan terjadinya kebangkrutan yaitu kubu trader dan kubu banking. Selain faktor kondisi internal perusahaan, krisis subprime mortgage juga menjadi penyebab runtuhnya Lehman Brothers, kok bisa? Lehman Brothers mengalami kerugian karena krisis kredit perumahan berisiko tinggi yang sudah mulai terjadi pada tahun 2007. Krisis kredit perumahan berisiko tinggi (subprime mortgage) di tahun 2008 memang sudah menelan banyak korban, siapa saja? Subprime mortgage telah menelan korban antara lain, Bear Stearns, Northern Rock, Fannie Mae, Freddie Mac, dan Lehman Brothers.


Kerugian Lehman Brothers bersumber jumlah subprime dan surat utang berisiko tinggi beragun aset yang terlalu banyak. Kerugian besar Lehman Brothers akibat aset beragun efek semakin membengkak sepanjang tahun 2008. Lalu kapan tepatnya perusahaan Lehman Brothers ini mengalami kolaps dan akhirnya ambruk? Ada yang tahu? Pada bulan September 2008, The Fed memiliki wacana utk melikuidasi aset dari Lehman Brothers, kemudian sahamnya jatuh lebih dr 90%. Kemudian di bulan yang sama, 15 September 2008, nama Lehman Brothers resmi kolaps dan dihapuskan dari daftar New York Stock Exchange. Selain namanya di hapuskan, perusahaan2 Lehman Brothers yang berada di luar negeri juga dinyatakan bangkrut, seperti di Inggris dan Jepang.\

Konon, kebangkrutan yang dialami Lehman Brothers ini adalah kebangkrutan terbesar dalam sejarah AS. Lalu apa saja dampak yang terjadi akibat dari jatuhnya Lehman Brothers? Jatuhnya Lehman Brothers mengakibatkan operasi anak usahanya dihentikan pemerintah di berbagai belahan dunia. Operasi anak usaha Lehman Brothers yang dihentikan mulai dari layanan perbankan sampai broker di pasar modal. Dampak yang terlihat jelas dari bangkrutnya Lehman Brothers adalah meningkatnya jumlah pengangguran di AS.

Kebangkrutan bank investasi Lehman Brothers di thn 2008 telah memicu kekhawatiran di sektor keuangan dan ekonomi dunia saat itu. Kebangkrutan bank investasi Lehman Brothers juga berdampak pada krisis keuangan secara global (dunia), termasuk di Indonesia. Selain Lehman, jatuhnya perusahaan lain juga membuat investor2 menarik dananya,yaitu perusahaan asuransi raksasa American International. Saat krisis 2008 di AS, terjadi rush, yaitu penarikan dana dalam jumlah besar yang dilakukan oleh para investor krn takut kehilangan uangnya. Jatuhnya perusahaan2 raksasa di AS seperti Lehman Brothers membuat Wall Street di tahun 2008 juga menjadi terpuruk. Kebangkrutan Lehman Brothers mengakibatkan seluruh sektor keuangan mengalami penurunan tajam.

Tidak hanya Wall Street yang mengalami penurunan,tetapi saham2 di negara lain, ex: kanada bahkan Indonesia juga kena imbas krisis 2008. Di tahun 2008,dolar juga mengalami penurunan tajam krna efek kekhawatiran krisis yang memperlambat pertumbuhan ekonomi. Di tahun 2008, perusahaan finansial global lainnya, Merry Lynch juga berpindah kepemilikannya sehingga mengguncang pasar uang. Perushaan Merry Lynch jatuh ke Bank of America dengan tujuan utk menjadi perusahaan broker terbesar di dunia. Penggabungan Merry Lynch dan Bank of America kemudian meningkatkan jumlah karyawan yang di-PHK. Dampak krisis ekonomi global akibat runtuhnya Lehman Brothers juga dirasakan Indonesia yaitu terkoreksinya Rupiah di thn 2008. Selain berimbas terhadap Rupiah, krisis 2008 Lehman Brothers juga mengakibatkan gejolak penurunan di pasar modal Indonesia. Demikian artikel tentang “Krisis Ekonomi Lehman Brothers 2008”, semoga menambah wawasan dan slaam profit!

Comments are closed.