Luaskan Pangsa Pasar, Sudahkah Saatnya Beli Saham TINS?

Setelah sempat tertekan akibat harga logam dunia yang menurun, kini saham TINS mulai menunjukkan tanda-tanda penguatan, yang salah satunya dipicu oleh kerja sama baru yang diteken oleh TINS. Seperti apakah kerja sama tersebut? Lalu, sentimen apa lagi yang bisa mendorong laju saham TINS?

Sempat terhalau oleh penurunan harga logam dunia, kerja sama baru antara PT Timah Tbk (TINS) dengan Yunnan Tin Group (Holding) Company Limited bakal menjadi katalis positif bagi kinerja emiten pelat merah ini.

Perlu Anda ketahui, Yunnan Tin merupakan perusahaan produsen timah terbesar pertama di dunia, diikuti oleh TINS yang berada diposisi kedua.

Dengan adanya kerja sama ini, maka pangsa pasar TINS akan meluas hingga ke negara Amerika.

Kerja sama ini tentunya akan berefek positif untuk kedua perusahaan timah tersebut.

Tidak hanya itu, salah satu segmen bisnis TINS, yakni tin chemical, mencatat lonjakan volume penjualan 245% menjadi 1.294 ton per kuartal II 2017 dari sebelumnya hanya 317 ton pada periode yang sama pada kuartal II 2016.

Belum lagi jika nanti TINS berhasil menjalin kontrak kerja sama penjualan tin chemical dengan Amerika. Hal ini tentunya akan membuat volume penjualan tin chemical melonjak lebih jauh lagi.

Pergerakan harga TINS juga ditopang oleh harga timah dunia yang stabil di kisaran US$ 20.000 per ton. Harga ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan periode sebelumnya yang berada di kisaran US$ 15.000-US$ 18.000 per ton.

Didukung oleh banyak sentimen positif, bagaimana dengan chart saham TINS?

Saat ini, kami melihat saham TINS sedang dalam trend turun jangka menengah. Memang ada peluang untuk swing trading jangka pendek saham TINS, namun sifatnya masih spekulatif. Untuk trading, sebaiknya trader wait and see dulu dengan pergerakan saham TINS selanjutya.

Hal ini dikarenakan ada sebuah anomali dimana trend saham turun namun ada pola akumulasi saham TINS. Jika Anda perhatikan chart saham TINS di atas, ada sebuah indikator Net Buy Sell Asing yaitu garis hijau dan merah dalam chart. Dari data tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa investor asing terus mengakumulasi saham ini walaupun trend saham sedang turun.

Saat ini untuk saham TINS sendiri masih akan terkonsolidasi dalam ruang / range 800-900-1000. Potensi yang muncul saat ini masih terbatas pada swing trading saja. Hal ini berarti, jika Anda ingin beli, sebaiknya Anda bisa buy on weakness di area 800, dan profit taking bertahap di area 900-1000. Bagaimana dengan saham lainnya? Apa saham yang potensial saat ini? Untuk bisa mendapat bimbingan trading dan edukasi rutin setiap hari, anda bisa join di bit.ly/goldpremiumaccess

 

Related Article:

Menjawab pertanyaan dan kebutuhan Anda dalam trading dan berinvestasi bit.ly/agendaedukasiPA

Apa itu Halloween Effect?  bit.ly/octobereffect1 

Apakah IHSG akan terimbas October Effect atau kebal terhadap fenomena ini? bit.ly/octobereffect2

 

Please follow and like us:

You might also like More from author

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.

 

Please follow and like us: